Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Hijaukan Hunian dengan Tanaman Hijau Minimalis, Rawat dengan Kiat Ini!

Hijaukan Hunian dengan Tanaman Hijau Minimalis, Rawat dengan Kiat Ini!

Urbanloka.com – Saat ini sedang booming menanam tanaman mungil di dalam pot. Sayangnya, kesenangan mengoleksi tanaman mini seringkali tak diimbangi dengan perawatan yang tepat. Hal ini akan menghambat pertumbuhan dan keindahan tanaman mungil Anda. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan Urbaners.

 

Jangan Terlalu Sering di Pindah-pindah

Tanaman mini agak lambat menyesuaikan diri dengan iklim lingkungan sekitarnya. Karena itu hindari terlalu sering memindahkan tempatnya. Selain itu, hindari memindahkan tanaman yang memiliki perubahan suhu drastis.

Alat Pelembab Ruangan

Jika Anda menempatkan tanaman pada ruang yang kecil, pastikan tanaman mendapat kelembapan yang mencukupi. Beberapa tanaman, terutama tanaman tropis memerlukan kelembapan. Anda dapat menggunakan alat pelembap ruangan dengan uap sejuk. Pastikan pelembap ruangan tersebut berada cukup dekat ke tanaman, namun tidak membuat daun atau bunga menjadi basah. Sementara untuk kaktus sebaiknya dipisahkan penempatannya dengan tanaman tropis, sebab kaktus justru baik terkena udara kering.

Siram Secara Rutin

Tanah yang terlalu kering atau basah dapat menghancurkan akar serta menghambat perumbuhan tanaman. Perhatikan frekuensi menyiram tanaman. Terlalu sering atau terlalu jarang menyiram tanaman dapat membuat tanaman cepat mati. Siram tanaman 2-3 hari sekali.

Bukaan Cahaya & Ventilasi yang Cukup

Tanaman memerlukan cahaya matahari untuk berfotosintesis. Kualitas, durasi, dan intensitas cahaya berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman. Karena itu, pastikan tanaman Anda mendapat cahaya yang cukup. Anda bisa menempatkannya dekat dengan jendela bertirai atau di meja teras luar. Jika Anda memiliki lahan di belakang rumah yang terkena pancaran matahari langsung dari atas, Anda dapat menempatkannya di sana. Jika banyak Anda bisa mewujudkan taman mini yang indah.

Gunakan pupuk NPK

Pupuk NPK banyak digunakan untuk menyuburkan tanaman dalam rumah. Anda dapat gunakan pupuk NPK berkomposisi seimbang 10-10-10. Tanaman dalam ruangan perlu nutrisi dari tanah dan pupuk untuk bertahan hidup.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.