Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Hijaukan Rumah dengan Tanaman Hemat Air, Xeriscape

Hijaukan Rumah dengan Tanaman Hemat Air, Xeriscape

Urbanloka.com – Anda menyukai tanaman, namun tidak memiliki waktu yang cukup untuk menyiramnya? Xeriscapelah solusinya, Xeriscape adalah Taman yang hanya memerlukan sedikit air, biasa digunakan untuk daerah-daerah kering. Tetapi juga dapat diaplikasikan pada taman rumah Anda, jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengurusnya. Berikut ini adalah Beberapa cara untuk membuat taman hemat air Urbaners:

cactus-1194416_960_720

1. Pemilihan Tanaman 

Tanaman sejenis kaktus, cemara, bambu, dan nanas-nanasan merupakan tanaman yang biasa hidup di daerah kering. Tanaman jenis ini tidak memerlukan banyak air untuk hidup, maka sangat tepat jika xeriscape memilih tanaman jenis ini. Namun tambahkan juga tanaman yang membutuhkan banyak air, dengan sebelumnya melakukan pengelompokkan berdasarkan kebutuhannya terhadap air.

2. Waktu Penyiraman

Waktu yang tepat untuk menyiram tanaman adalah pada sore atau malam hari, karena cuaca yang lebih teduh pada saat itu, sehingga mengurangi penguapan dan air dapat bertahan lebih lama pada tanaman dan media tanam. Penyiraman pada saat teduh membuat tanaman memiliki lebih banyak waktu untuk menyerap air.

3. Teknik Menanam

Terapkan penghematan air mulai dari saat menanam. Caranya, gali lubang, isi dengan air, biarkan air menyerap ke dalam tanah sehingga tanah menjadi lembap. Selanjutnya, masukkan tanaman dan masukkan kembali tanah. Setelah selesai ditanam siram kembali dengan air. Cara ini membuat akar lebih cepat tertanam dalam tanah. Selain itu, metode ini juga akan mengurangi frekuensi penggunaan air.

4. Siram dengan Efisien

Agar tidak banyak air yang terbuang, penggunaan air harus diperhatikan saat melakukan penyiraman. Cara untuk menghemat air adalah dengan menggunakan ember khusus tanaman atau dengan menggunakan spray sehingga menghasilkan tetesan air. Ini jauh lebih efisien dibandingkan jika menggunakan selang. Selain itu, akar akan lebih optimal menyerap air dalam bentuk tetesan yang keluar secara perlahan.

5. Manfaatkan Air Buangan

Air AC yang biasa tidak dibuang, dapat dimanfaatkan untuk menyiram tanaman. Ini merupakan air hasil kondensasi dengan hasil yang baik. Air buangan lainnya adalah dengan menadahkan air hujan dari atap, panen banyak air yang berguna untuk menyirami taman.

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.