Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Hunian Kubus Bertumpuk Anti Bencana Alam Rancangan Cohta Asano

Hunian Kubus Bertumpuk Anti Bencana Alam Rancangan Cohta Asano

Urbanloka.com – Setelah mengalami kehancuran hunian akibat dasyatnya gempa dan tsunami Jepang pada tahun 2011, Cohta Asano, Arsitek asal Fukushima kemudian mengembangkan desain yang unik pada rumah barunya. Simak lengkapnya berikut ini Urbaners!

Terbuat dari sembilan kubus yang tumpang tindih, dengan ukuran dan proporsi yang berbeda. Ia mengatakan bahwa desain tersebut terinspirasi dari serangkaian kemalangan yang ia alami. Mulai dari gempa di Fukushima, polusi nuklir hingga kematian neneknya yang kemudian mempengaruhi kehidupan pribadinya.

Rumah unik ini terdiri dari tiga lantai, dengan kubus-kubus yang memenuhi tanah, sedang sebagiann didesain sedemikian rupa dengan efek melayang.

Secara total, rumah ini memiliki luas 70 meter persegi. Dengan struktur kayu yang benar-benar terbuka di dalamnya, menciptakan grid tiga dimensi yang bisa berfungsi sebagai rak. Papan kayu melapisi eksterior bangunan, dan juga meluas ke beberapa ruang di dalam rumah.

Ruang ini dilapisi seluruhnya dengan ubin mosaik putih kecil, yang menawarkan kontras dengan bagian interior lainnya.

Saat ini rumah tersebut selain ditinggali juga difungsikan sebagai ruang kelas musik. Mengetahui bahwa anak-anak sering keluar masuk rumah, Asano memosisikan kamar mandi di dekat salah satu pintu masuk.

“Keinginan saya adalah bahwa rumah tersebut menciptakan kebahagiaan dan kegembiraan. Saya harap pandangan anak-anak menjadi bagian dari rumah. Kemudian, saya bisa menunjukkan lingkungan terbuka ke lingkungan sekitar.”

Asano merupaan salah satu pendiri pendiri BHIS Architects, bersama rekannya Kazuhito Sato. Tertarik menerapkannya pada hunian Anda Urbaners?

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.