Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Hunian dengan Konsep Kubikel Kayu Unik ala Studio CAPD Jepang

Hunian dengan Konsep Kubikel Kayu Unik ala Studio CAPD Jepang

Urbanloka.com – Studio Jepang CAPD menggunakan kotak kayu besar sebagai materi utama dalam projek pembangunan sebuah hunian. Kayu sebagai material utama yang memenuhi setiap sudut kamar dan lantai mezzanine di rumah Prefektur Tokushima. Penasaran seperti apa? Yuk kita simak detailnya berikut ini sobat sinyaliti.

Arsitek lokal merancang sebuah rumah berukuran 92 meter persegi agar terlihat seperti sebuah “kotak besar”, dengan memberikan dinding logam bergelombang berwarna abu-abu sederhana, serta atapnya yang sengaja di desain dengan datar-datar saja, membuat rumah ini tampak seperti kubikel kayu unik dari kejauhan.

Tiga kamar tidur, kamar mandi dan ruang utilitas diatur pada sebuah kerangka kayu. Semuanya kemudian diletakan pada kedua sisi koridor masuk. Selain itu juga terdapat lounge dan dapur yang menempati bagian rumah belakang.

 

Sementara pada bagian atasnya terdapat sebuah plafon, yang menciptakan ruang seperti loteng yang dapat berfungsi ganda sebagai ruang bermain untuk anak-anak, perpustakaan serta area penyimpanan.

CAPD kemudian menamai tempat tinggal ini dengan Loft House untuk menarik perhatian. Lapisan pada partisi kayu lapis ini juga diisi lagi dengan dempul, meskipun memang permukaannya dibiarkan kasar dan terbuka.

Arsitek ingin memasangkan elemen dengan tampilan yang belum selesai – seperti dinding kayu – dengan permukaan yang lebih halus untuk menciptakan ruang yang “menggabungkan semacam keanggunan, namun tidak terkesan kaku.

Panel putih melapisi dinding bagian dalam dan langit-langit kamar tidur, kamar mandi dan ruang tamu, sementara lantainya menggunakan kayu dengan materi yang lebih kuat dan bersahabat dengan langkah kaki penghuninya.

Papan yang sama menutupi pembatas antara dapur dari ruang makan dan ruang keluarga. Sementara Glazur geser dengan konsep terbuka langsung ke teras beton kecil di samping ruang tamu, juga di dominasi furnitur kayu dan lampu unik. Memberi kesan yang lebih kuat lagi pada hunian.

Dibawah ini detail rancangan hunian secara keseluruhan Urbaners, semoga dapat menginspirasimu ya.

Kredit proyek:

Desain: CAPD
Arsitek: Kazuo Monnai, Hirokazu Ohara, Dai Tsunenobu
Konstruksi: Nishino

Fotografi oleh Daisuke Shima.

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.