Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Hunian Minimalis & Unik di Tsinghua Beijing ala Studio Liu Lubin

Hunian Minimalis & Unik di Tsinghua Beijing ala Studio Liu Lubin

Urbanoka.com – Rumah mikro di Beijing oleh arsitek China Liu Lubin terdiri dari tiga modul berbentuk kubus tidak beraturan yang dapat di bulak-balik dan diubah-ubah fungsi ruangnya dengan sangat mudahnya, seperti ruang tamu dapat menjadi kantor atau bahkan kamar mandi. Dirancang sebagai arsitektur juga furnitur, modul hunian ini dibangun dengan ukuran minimalis namun tetap mengakomodir berbagai fungsi ruang hidup, yaitu ruang bersantai, ruang tidur juga dapur.


Memiliki bentuk yang unik menciptakan worktops di sepanjang dua tepi ruang, sementara jendela persegi dengan engsel terbuka di kedua ujungnya dapat berfungsi ganda sebagai jendela juga pintu masuk.

Studio Liu Lubin menggunakan komposit busa yang diperkuat serat untuk struktur modul, sehingga cukup ringan dalam hal pemindahan. Hal ini tentu saja memungkinkan peghuninya untuk memutar ulang arah ruang.

Tiga modul rumah ini berisi kamar tidur, kamar mandi dan kantor kecil. Modul hunian memang disesuaikan dengan ukuran kontainer pengiriman agar memudahkan dalam pemindahan lokasi. Dibawah ini tampilan interior ruang yang dapat di custom sesuai keinginan dengan sangat mudahnya.

Didominasi warna putih serta bukaan cahaya yang cukup menciptakan kesan nyaman dan jauh dari kesan pengap meskipun luas ruang sangatlah terbatas.

Lubin mengembangkan konsep tersebut sebagai bagian dari proyek penelitian di Tsinghua University di Beijing. Bentuk Micro House ini dirancang sebagai kombinasi fungsional elemen furnitur dan arsitektur.

Rumah Mikro di Tsinghua oleh Studio Liu Lubin
Proyek: Rumah Mikro di Tsinghua
Lokasi: Beijing
Perancang: Studio Liu Lubin
Tim Proyek: Liu Lubin, Wang Lin, Weng Jia, Wang Xiaofeng, Wan Li, Liang YIfan, Zhao Ye
Perancang: Desain Arsitektur & Lembaga Penelitian Universitas Tsinghua CO.LTD, Universitas Teknologi Nanjing Pusat Komposisi Teknik Komposit Advanced

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.