Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ide Hunian ala Dekorasi Iran yang Kental dengan Kemewahan & Kenyaman

Ide Hunian ala Dekorasi Iran yang Kental dengan Kemewahan & Kenyaman

Urbanloka.com –  Arsitek studio Zav di Teheran merancang sebuah hunian di Iran utara sebagai rangkaian unit hunian terbuka dengan pemandangan lanskap pedesaan. Terletak di perbukitan area terluar kota Minudasht di Provinsi Golestan, rumah ini menempati area seluas 298 meter persegi di sebuah lokasi dengan luas kurang lebih setengah hektar.

Arsitek Zav mengembangkan kompleks perumahan sebagai tanggapan terhadap topografi alami dan peningkatan konteks pedesaannya. Fokus utama proyek sendiri adalah memanfaatkan pemandangan ekspansif secara ebih luas.

Hal ini mendorong studio untuk mengadopsi pendekatan baru untuk menyusun rencana pembangunan proyek tersebut, sehingga proyek ini kemudian dinamakan Chesm Cheran, yang berarti belvedere.

“Untuk memberikan koneksi maksimal dengan alam, sirkulasi konvensional dan diagram spasial konstruksi pedesaan dan pinggiran kota di padukan menjadi satu,”Ungkap  Arsitek Zav.

“Sirkulasi dan ruang sosial ditempatkan di sekitar hunian sebagai ruang terbuka yang langit-langitnya sengaja ditinggikan dan disebut Platform atau Joy Lounge. Lantai dasarnya sendiri berisi ruang gym besar dengan ruang serbaguna.

Dinding batu yang kokoh digenapkan dengan bukaan jendela besar menghadap ke lapangan tenis, berdekatan dengan teras yang terlindung di bawah lempeng ekspansif lantai atas. Deknya menyediakan sirkulasi eksternal yang terhubung langsung ke kolam renang terdekat dan paviliun yang dapat di manfaatkan sebagai ruang barbekyu terbuka.

Pada lantai ini terdapat tiga kamar tidur, dengan pintu samping setiap kamar yang mengarah langsung ke arah dek, untuk menikmati pemandangan di sekitarnya.

Pada satu sisi bangunan utama, kekosongan memungkinkan cahaya dan pandangan turun ke lantai yang lebih rendah. Sebuah tangga menghubungkan kamar tidur dan lantai atas. Arsitek juga mendesain sebuah ruang terbuka yang dapat berfungsi ruang tamu, ruang makan dan dapur.

Desain setiap lanatinya membantu memperkuat hubungan antara ruang indoor dan outdoor. Sungguh sangat menarik bukan? Tertarik mengaplikasikannya pada hunianmu Urbaners? atau menjadi rumah impianmu?

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment