Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ide Hunian Tropis Kontemporer Bernuansa Resort Modern Extra Nyaman

Ide Hunian Tropis Kontemporer Bernuansa Resort Modern Extra Nyaman

Urbanoka.com – Dari sang arsitek Atelier Cosmas Gozali, Kediaman yang berada di kawasan Sunter Residence, dengan luas tanah 240m2 karya ini di desain bernuansa resort modern. Dengan ukuran yang terbatas, Arsitek mencoba membawa konsep Courtyard ke dalam rumah, sehingga halaman menjadi sumber cahaya dan sirkulasi udara alami. Kemudian Setiap ruang memiliki orientasi ke halaman, sehingga rumah menjadi lebih sehat dan hemat energi.

Selanjutnya konsep resort ini juga terasa di area foyer, menghilangkan batas antara bagian dalam dan luar yang hijau. Keduanya kemudian terasa menyatu dalam konsep ruang hijau terbuka. Courtyardnya juga memaksimalkan lokalitas ke-Indonesiaan. Terlihat pada penggunaan atap miring sebagai ciri bangunan tropis, teras yang cukup luas dan penggunaan material lokal seperti bata Karawang ekspose.

Sisi religius pemilik rumah juga mengilhami Arsitek untuk menerjemahkan esensi tersebut ke dalam desain dalam konteks yang lebih modern. Bentuk segitiga yang menyerupai kapel dikombinasikan dengan bentuk kotak, membuat tempat tinggal ini lebih unik dan kontemporer dari hunian disekitarnya.

Desain menarik lainnya pada cara Arsitek mengolah fasad bangunan dengan menggabungkan bentuk masif dan transparan yang terdapat pada susunan baja berongga untuk memberi kesan modern.

Fasad bangunan yang didominasi warna putih untuk memberi kesan sederhana dan bersih juga menciptakan efek luas. Selain itu warna putih dipilih karena sifatnya yang tidak menyerap panas. Warna putih juga menghasilkan suasana yang menenangkan tidak hanya bagi pemiliknya tapi juga sekitarnya.

Isi rumah tanpa sekat-sekat, seperti yang terlihat pada ruang makan dan ruang keluarga yang menjadi satu. Kemudian terdapat juga ruang duduk dan perpustakaan pada lantai satu yang merupakan perluasan dari area koridor. Uniknya, area hiburan diletakkan didepan mengarah ke jalan utama dengan pertimbangan lebih mudah mengontrol akses keluar masuk rumah. Selain itu hanya terdapat satu dapur dengan aliran udara terbaik karena berbatasan dengan courtyard.

Hampir sama dengan eksterior, interior kediamannya juga dilengkapi warna putih abstrak yang dikombinasikan dengan sentuhan warna alami seperti warna coklat kayu dan terakota untuk membuat resort terlihat sama namun ditampilkan dalam suasana yang lebih kontemporer.

Interiornya juga didesain sederhana dengan penggunaan furnitur built-in untuk memberi kenyamanan pada hunian. Hal ini bisa terlihat dari area loteng yang juga digunakan sebagai ruang baca.

Interior dan area landscape didesain terhubung dengan konsep desain arsitektural. Menghadirkan nuansa tropis kontemporer. Desain landscape ini sendiri dibuat lebih sederhana seperti pada taman sehingga lebih bersih dan memberi kesan modern.

Melalui desain yang inovatif, kebutuhan dari seluruh aspek kehidupan anggota pemilik rumah dapat terpenuhi, bahkan bisa menikmati nuansa resort modern di perkotaan. Selain itu, rumah urban modern karya Atelier Cosmas Gozali ini juga bisa memberikan kenyamanan dan kehangatan, dengan nilai tambah berupa efisiensi dan pengematan energi yang tentunya sangat bermanfaat bagi penghuni maupun lingkungan sekitarnya Urbaners.

    

Berikut Rancangan desain interiornya Urbaners.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.