Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ingin Mulai Mencicil Rumah dengan KPR, Mana yang Lebih Baik Suku Bunga Fix atau Floating

Ingin Mulai Mencicil Rumah dengan KPR, Mana yang Lebih Baik Suku Bunga Fix atau Floating

Urbanloka.com – Bagi Anda yang tengah akan membeli rumah dengan fasilitas KPR, Anda nantinya akan dihadapkan dengan dua jenis sistem penentuan suku bunga pinjaman, yaitu sistem fixed (tetap) dan floating (berfluktuasi mengikuti keadaan pasar). Mana pilihan terbaik? Ketahui dulu perbedaanya berikut ini Urbaners.

Dengan keadaan pasar yang selalu berubah-ubah dan bank yang selalu mengevaluasi besarnya bunga setahun sekali, jika Anda mengambil sistem fluktuatif, maka nominal pembayaran cicilan bisa berubah-ubah, lebih besar atau lebih kecil dari tahun pertama pembayaran dimulai tergantung dengan suku bunga dan keadaan pasa setiap tahunnya.

Selain itu, terdapat juga KPR dengan sistem pembayaran yang tetap, di mulai dari aal pembayaran hingga selesai. Biasanya sistem pembayaran ini di berlakukan pada bank-bank syariah Urbaners. Kelebihan pembayaran fixed adalah nasabah tidak perlu repot memikirkan berapa pembayaran cicilan tahun depan. Kalau jangka waktu pembayarannya pendek, memang lebih enak untuk mengambil suku bunga fixed. Selain bank syariah, Anda bisa menggunakan bank BTN, karena bank ini juga menerapkan suku bunga fixed walaupun relatif lebih tinggi dibandingkan dengan bank lain.

Dengan sistem pembayaran Fixed, jangan heran jika suku bunganya terbilang tinggi. Namun jangan juga tergoda juga dengan suku bunga yang rendah. Tanyakan terlebih dahulu, apakah hanya berlaku di tahun pertama dan berubah setiap tahun, atau suku bunga tetap sampai pembayaran lunas.

Selain besaran suku bunga yang ditawarkan, ada banyak hal lain yang perlu dipertimbangkan oleh calon debitur, di antaranya sistem pembayaran dan perhitungan bunga yang dipakai oleh bank yang bersangkutan. Jika suku bunga KPR cukup bersaing ketat, lihat fasilitas dan keuntungan yang didapat. Demikian tips, semoga bermanfaat Urbaners!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.