Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ini Dia 6 Cara Ampuh Basmi Tikus dari Hunian Anda!

Ini Dia 6 Cara Ampuh Basmi Tikus dari Hunian Anda!

Urbanloka.com – Tikus adalah hewan yang menjijikan, terlebih jika sering kita temukan berkeliaran disekitar rumah. Berikut ini adalah cara ampuh mengusir tikus agar rumah menjadi hunian yang nyaman. Apa sajakah itu? Check it out!

Sumber Foto: Pixabay

Sumber Foto: Pixabay

Ketahui keberadaan tikus

Lakukan pengecekan secara berkala pada seluruh bagian rumah, apakah ada bekas jalan atau lubang tikus yang mencurigakan, bila mendapatinya, segera perbaiki dan lakukan penutupan pada lubang tersebut agar tikus tidak kembali ke sarangnya. Ciri khas lainnya yang menandakan keberadaan tikus adalah pada kotoran tikus dan aroma yang tidak sedap. Selain itu, jangan lupa memeriksa apakah ada bekas jejak kaki dan jejak lemak tikus.

Sumber Foto: abi-dare

Sumber Foto: abi-dare

Tutup Semua Celah Pada Hunian

Tikus memiliki keahlian untuk masuk pada celah tersempit sekalipun. Terkadang kita tidak menyadari banyaknya celah pada area rumah yang menjadi jalan masuknya tikus.
Misalnya celah yang ada pada rongga bawah dan atas pintu, celah sempit pada kabel yang menembus dinding, celah jendela, serta celah pada pipa air.

SUmber Foto: homedecor

SUmber Foto: homedecor

Rapikan Gudang

Tumpukan barang yang berantakan akan mengundang kedatangan tikus. Rapikan tumpukan barang terutama pada area gudang. Lakukan penyusunan barang secara sistematis dan rapi. Caranya mudah, kemas dan masukan semua barang kecil yang berserakan ke dalam wadah besar seperti kardus lalu susun hingga rapi.

Bebaskan Hunain dari Sampah

Bersihkan tempat sampah secara berkala dua hari sekali, dan jangan biarkan sampah menumpuk hingga seminggu. Tikus suka berkeliaran disekitar tempat sampah, jangan biarkan sampah ini berserakan di sekitar rumah.

Sumber Foto: rociojimenezcasahaus

Sumber Foto: rociojimenezcasahaus

Jaga Kebersihan Dapur

Perhatikan terutama kebersihan dapur, mulailah membersihkannya setiap kali setelah memasak. Bersihkan pula perabot dan peralatan memasak selepas menggunakannya. Terakhir, rapikan semua sisa makanan yang masih bisa digunakan dengan baik dan simpan pada tempat yang steril dari tikus seperti di lemari atau kulkas.

Gunakan Cara Tradisional

Gunakan perangkap dan racun tikus. Pasanglah perangkap dengan umpan potongan kelapa tua yang terlebih dahulu di panggang. Cara ini biasanya berhasilnya hanya sekali, karena tikus memiliki penciuman yang baik. So, setelah satu tikus tertangkap, pastikan menggantinya dengan perangkap yang baru.

Demikian 6 cara ampuh mengusir tikus disekitar area rumah. Bila Anda memiliki cara berbeda, ayo bagikan kepada kami pada kolom komentar Urbaners!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.