Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ini Dia Daftar Bandara Ter atau Paling di Dunia Urbaners (2)

Ini Dia Daftar Bandara Ter atau Paling di Dunia Urbaners (2)

Urbanloka.com – Inilah bandara paling ekstrim di dunia. Daftar bandara paling ekstrim diukur dari ketinggiannya, panasnya, dinginnya dan masih banyak lainnya, berikut daftranya Urbaners:

BANDARA TERDINGIN

Berada di pedalaman Siberia Desa Oymyakon, Rusia (wilayah otonom sebesar 12 kali ukuran negara Inggris) yang dianggap sebagai tempat terdingin di bumi. Suhu tercatatnya mencapai -67,7 celcius Urbaners. Tidak heran, bandara di ibu kota regional Yakutsk mengklaim memiliki bandara terdingin di dunia. Suhu rata-rata musim dingin di sana sekitar -39 celcius.

BANDARA TERTIINGGI

Biasanya titik tertinggi bandara manapun ada di menara kontrol udara (ATC). Berdiri setinggi 133,8 meter, Tower West di Kuala Lumpur International Airport adalah menara ATC tertinggi di dunia.

BANDARA TERBESAR

Ini dia bandara terbesar Urbaners, memiliki luas total sekitar 78.000 hektar yang menempatkannya di posisi teratas. Inilah Bandara Internasional King Fahd, Arab Saudi, yang sebenarnya dikembangkan untuk penggunaan bandara hanya seluas 3,675 hektar.

BANDARA DENGAN LANDASAN TERPANJANG

Dengan panjang 5.500 meter, Bandara Qamdo Bamda di Daerah Otonomi Tibet, Cina memegang rekor sebagai landasan bandara beraspal terpanjang dunia. Landasan yang sangat panjang ini adalah syarat yang ditentukan sebagai kompensasi pengurangan kerja mesin saat mengangkat badannya. Hal itu dikarenakan saat lepas landas dan mendarat sudah berada di ketinggian yang sangat tinggi. Hingga peresmian Bandara Daocheng Yading, Qamdo Bamda juga merupakan bandara tertinggi di dunia. Ketinggiannya 4.334 meter Urbaners.

BANDARA DENGAN LANDASAN TERPENDEK

Bandara Juancho E. Yrausquin di Pulau Saba, Antillen Belanda memiliki landasan pacu terpendek yang mendukung operasi penerbangan komersial. Bandara ini dibangun di satu-satunya lahan ruang datar di pulau vulkanik ini. Landasannya menempel di sisi gunung yang curam. Pesawat yang mendarat seperti masuk ke dek kapal induk dan pilotnya harus memiliki sertifikasi khusus agar diizinkan mendarat di sini.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.