Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ini Dia Daftar Bandara Tertinggi atau Paling Panas di Dunia Urbaners (1)

Ini Dia Daftar Bandara Tertinggi atau Paling Panas di Dunia Urbaners (1)

Urbanloka.com – Inilah bandara paling ekstrim di dunia. Daftar bandara paling ekstrim diukur dari ketinggiannya, panasnya, dinginnya dan masih banyak lainnya, berikut daftranya:

BANDARA TERTINGGI

Bandara Daocheng Yading di Provinsi Sichuan, China merupakan bandara tertinggi di dunia. Diresmikan pada 2013. Empat dari lima bandara tertinggi di dunia ada di wilayah Cina. Lokasinya ada di dataran tandus di ketinggian 4.411 meter yang memiliki layanan penerbangan reguler ke ibu kota provinsi, Chengdu serta beberapa tujuan lain di Cina selatan dan tengah.

BANDARA TERTENGAH

Laut Mati, Israel adalah titik terendah di permukaan bumi. Bar Yehuda Airfield yang terletak tepat di sana ada di titik 378 meter di bawah permukaan laut dan menjadi bandara terendah di dunia. Bandara ini tidak memiliki layanan penerbangan reguler.

BANDARA TERUTARA

Tak hanya letaknya yang paling utara, di Kanada juga terdapat Bandara Alert yang letaknya ada di paling utara di bumi. Sayangnya, bandara itu tidak untuk masyarakat umum karena merupakan pos terdepan militer dari Alert, Adapun penerbangan komersial di wilayah ini ada di Bandara Svalbard, Longyear, Norwegia yang terletak di antara Kutub Utara dan daratan Eropa.

BANDARA TERSELATAN

Bandara paling selatan adalah Jack F. Paulus Skiway. Landasan ini hanya digunakan oleh pesawat kargo C-130 Angkatan Udara AS untuk memasok kebutuhan Stasiun Kutub Selatan Amundsen-Scott. Ada jalur pendaratan lain di Antartika, sebagian besar digunakan untuk misi ilmiah, tetapi mereka juga menerima penerbangan wisata sesekali. Tidak ada penerbangan komersial reguler ke Antartika.

BANDARA PALING TERISOLASI

Letaknya memang sangat terpencil. Namun, dengan adanya patung-patung batu unik di Pulau Paskah yang memastikan arus pengunjung tetap datang mendarat di Mataveri International Airport. Inilah bandara paling terpencil di dunia. Berjarak 2.603 kilometer ke arah barat ke Bandara Totegegie di Polinesia Prancis, 3.759 kilometer untuk mencapai Bandara Santiago, Chile.

BANDARA TERPANAS

Pada Juni 2017 lalu dilaporkan bahwa Bandar Internasional Ahvaz, di Iran bagian tenggara, telah mencatat rekor, yakni bersuhu 54 celcius. Jika diverifikasi, ini akan cocok dengan suhu terpanas yang pernah tercatat di bumi pada zaman modern, yakni di Mitribah, Kuwait pada Juli 2016, dan Death Valley, California pada Juni 2013.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.