Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ini Dia Kiat-Kiat Membersihkan Kulkas dengan Cara yang Aman

Ini Dia Kiat-Kiat Membersihkan Kulkas dengan Cara yang Aman

Urbanloka.com – Seberapa Sering Kamu Harus membersihkan kulkas? Lemari pendingin atau kulkas merupakan salah satu tempat yang berpotensi menyimpan banyak kuman di rumah. Kulkas sebaiknya dibersihkan minimal satu bulan sekali, sekaligus untuk mengecek apakah ada bahan makanan sudah tak layak konsumsi yang harus dibuang.

Membersihkan kulkas memerlukan langkah-langkah yang tepat, agar cairan pembersih tidak berbahaya bagi makanan yang disimpan, dan kulkas pun tetap higienis. Berikut ini langkah-langkah tepatnya Urbaners.

 

 

SIAPKAN PEMBERSIH

Dibandingkan memakai deterjen atau cairan desinfektan di toko yang mungkin mengandung bahan kimia berbahaya, akan lebih aman jika Anda menggunakan cairan pembersih buatan sendiri. Anda bisa membuatnya dengan mencampurkan cuka dan air ke dalam baskom atau ember (dengan perbandingan 50:50). Siapkan juga dua lap untuk membersihkan dan mengeringkan, kertas pembersih dan handuk besar untuk ditempatkan di lantai depan kulkas agar lantai tidak basah dan licin. Sediakan juga sapu atau penyedot debu, kain pel (untuk membersihkan lantai setelah selesai) dan sikat gigi bekas untuk membersihkan rak-rak kecil dan pegangan pintu kulkas.

KELUARKAN SEMUA BARANG DARI DALAM KULKAS

Keluarkan semua barang dari dalam kulkas, mulai dari makanan, minuman, sayur, buah, daging, ikan, termasuk rak, rak pintu dan laci-laci penyimpan ikan. Cara ini akan memudahkan Anda membersihkan kulkas secara menyeluruh.

BERSIHKAN

Basahi kain lap dengan campuran cuka, dan mulai bersihkan dari bagian atas ke bawah. Lap di bagian dekat pintu, terutama bagian atas yang biasanya banyak kotoran menumpuk. Bersihkan noda yang menempel dengan sikat gigi. Setelah membersihkan bagian dalam, kini saatnya membersihkan bagian luar termasuk pegangan pintu dengan cairan cuka yang sama. Jangan lupa untuk mengganti filter air di bawah kulkas.

KERINGKAN

Setelah selesai membersihkan, sangat penting untuk mengeringkan sisa-sisa pembersih dan kotoran agar kuman tidak betah berlama-lama di tempat lembab.

BERSIHKAN RAK

Pembersihan selanjutnya adalah rak-rak dan laci yang telah Anda keluarkan tadi. Untuk yang ini, Anda boleh menggunakan deterjen atau cairan disinfektan. Namun jangan gunakan yang berbahan kimia terlalu keras. Campur deterjen dengan air hangat, rendam rak beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan.

PENEMPATAN

Keringkan rak, dan tempatkan kembali setelah bagian dalam kulkas benar-benar kering. Susun rak dan laci yang memudahkan Anda mengambil makanan atau minuman dari kulkas.

 

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.