Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ini Dia Tips Cara Pengaturan Keuangan Keluarga Baru ala Urbanloka!

Ini Dia Tips Cara Pengaturan Keuangan Keluarga Baru ala Urbanloka!

Urbanloka.com – Manajemen keuangan yang baik juga membantu Anda untuk mengatur rencana jangka pendek dan panjang. Bagi Anda yang baru saja menikah, berikut ini adalah beberapa tips cara mengatur keuangan keluarga baru yang dapat Anda pelajari Urbaners.

MULAILAH PEMBICARAAN MENGENAI KEUANGAN

Jalinlah komunikasi, mulailah membiasakan diri untuk membicarakan keuangan Urbaners. Hal ini snagat penting sebelum Anda menikah. Bicarakan mengenai cara Anda ngurus uang, tabungan, deposito, investasi, asuransi dan visi ke depannya. Anda juga harus membicarakan mengenai siapa yang akan mengatur keuangan keluarga Anda.

DISKUSIKAN KONDISI KEUANGANMU

Mulai buka juga pembicaraan tentang pengelolaan uangmu, ketahui juga bagaimana pengelolaan keuangannya Urbaners. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan yang sangat diperlukan di dalam membina hubungan rumah tangga yang harmonis.

RENCANAKAN DANA DARURAT

Jika belum mempunyai tabungan dana darurat, pertimbangkanlah untuk mulai membuatnya. Dana darurat adalah dana yang dialokasikan dan ditabung untuk hal-hal yang tidak terduga, seperti terkena PHK, keluarga ada yang sakit, bencana alam, ataupun rumah yang tiba-tiba perlu diperbaiki akibat bocor. Dana darurat ini sebaiknya mempunyai nilai sekitar 6-12 bulan dari nilai pengeluaran bulanan keluargamu.

BUDGETING

Buatlah perencanaan pengeluaran setiap bulannya, sehingga Anda mengetahui limit-limit pengeluaran untuk masing-masing pengeluaran. Hal ini juga diperlukan agar tidak terkena lilitan utang, seperti utang kartu kredit, Urbaners.

LAYAKNYA TIM

Untuk bekerja layaknya sebuah tim, Anda dan pasangan harus memiliki tujuan dan pemikiran yang sama. Bangun motivasi dan lakukan hal-hal positif agar Anda dan pasangan semakin mengerti satu sama lain. Rencana keuangan akan berhasil dilakukan jika Anda dan pasangan mau menjalankannya dengan baik. Sadari kekuatan dan kelemahan masing-masing untuk membawa sinergi pada tujuan yang ingin Anda capai.

ASURANSI

Sudah saatnya Anda mulai berfikir untuk melindungi aset penting yan Anda miliki. Mulailah memiliki asuransi kesehatan, jiwa, kendaraan dan lain-lain. Sebelum memilih dan menentukan asuransi pastikan asuransi tersebut sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda serta janganlupa pastikan premi yang wajib dibayar sesuai dengan kemampuan keuangan Anda dan keluarga.

BAGI TANGGUNGJAWAB

Pengelolaan uang melibatkan kedua belah pihak. Bekerja samalah dalam menentukan sesuatu terlebih untuk menentukan masalah keuangan Urbaners. Sebagai contoh, suami dan istri harus ikut serta dalam pengambilan keputusan, menentukan anggaran, dan membayar tagihan.

PERGUNAKAN PENDEKATAN HARMONIS, JANGAN OVERTHINKING & OVEREACT

Jika pasangan Anda boros dan menggunakan uang melebihi anggaran, jangan langsung marah serta berfikiran negatif kepadanya, tanyakan dahulu apa yang menjadi penyebab pasangan Anda melakukannya. Anda dan pasangan harus menghadapi masalah yang terjadi, diskusikan masalah, dan cari solusi yang pas dalam menyusun kembali anggaran yang lebih baik Urbaners!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.