Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ini Dia Tips & Trik Lengkap Ciptakan Dinding Bertekstur Pada Hunian

Ini Dia Tips & Trik Lengkap Ciptakan Dinding Bertekstur Pada Hunian

Urbanloka.com – Tekstur dari tembok rumah Anda merupakan elemen yang membantu dinding rumah terlihat sebagai bagian dari dekorasi yang menciptakan kontras pada material yang dipakai, begitu pula pada pencahayaan dan pengaturan bayangan. Tembok atau dinding dengan penambahan tekstur tentunya akan memberikan lebih banyak sisi menarik bagi rumah Anda. Lantas, bagaimana cara memberi sentuhan tekstur pada dinding?

Sumber Foto: a exclusiva

SIAPKAN ADONAN CAT

Siapkan adonan cat yang konsentrasinya lebih kental dari cat biasa. Adonan ini juga bisa berisi bulir-bulir kecil namun tetap cair dan mudah diaplikasikan pada dinding menggunakan kuas. Anda bisa membuat sendiri adonan ini dengan rasio perbandingan 4:1 untuk air. Tetapi jika ingin praktis, Anda dapat membeli cat bertekstur yang dijual di toko bangunan.

LAPISI DINDING DENGAN CAT LATEX PUTIH

Persiapkan kondisi permukaan cat dengan mengecat dinding menggunakan cat pelapis berbahan latex warna putih. Lalu biarkan kering. Langkah awal ini sangat penting karena cat tekstur yang langsung dilapisi ke pada dinding kering justru malah meresap ke dalam dinding.

Sumber Foto: guide anacker

CAMPURKAN TEKSTUR DAN LATEKS

Campur dan aduk cat tekstur sampai memiliki konsistensi cat lateks yang tebal. Buat sehalus mungkin agar mudah menempel dan diaplikasikan ke permukaan dinding. Anda bisa menggunakan rol cat biasa atau menggunakan cover rol cat khusus yang digunakan untuk mengecat permukaan bertekstur untuk mempermudah proses ini.

BIARKAN KERING

Biarkan cat tekstur setengah kering, dengan demikian Anda bisa memperbaiki jika permukaan nampak kurang sempurna. Tes dengan menekan ibu jari Anda ke dalam cat dan tarik langsung. Pastikan hasilnya membentuk permukaan tajam seperti kulit landak.

Sumber Foto: survace lovers

CAT ULANG

Anda bisa mengulang lapisan cat agar menghasilkan cat tekstur yang lebih bagus. Semakin sering di cat ulang maka konsistensi permukaan dinding akan lebih tebal. Pastikan tekstur cat ini tidak terlalu basah atau kering. Karena jika terlalu basah, buliran tekstur bisa meleleh ke bawah, sementara kalau terlalu kering bisa menghasilkan tekstur yang kaku dan nampak tidak alami.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.