Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ini Dia Tipsnya Buat Hunian Tetap Rapi Meskipun Ada si Kecil

Ini Dia Tipsnya Buat Hunian Tetap Rapi Meskipun Ada si Kecil

Urbanloka.com – Marie Kondo, seorang ahli dari Jepang dalam mengorganisir seluruh barang di rumah. Mulai merasa kesulitan membereskan barang-barang anak, mulai dari maianan, hasil karya anak, buku-buku, penghargaan dari sekolah dan lain-lain? Terapkan tips dari Marie Kondo berikut ini Urbaners!

MULAI DARI PAKAIAN

Selalu mulai dengan lemari pakaian, kemudian buku-buku, dokumen penting, serta barang-barang lain (seperti dapur) dan terakhir ditutup dengan barang-barang yang memiliki nilai sentimentil.

PISAHKAN BARANG YANG TAK LAGI DIGUNAKAN

Pisahkan barang yang tak lagi Anda gunakan, dan buat garage sale, atau hibahkan ke mereka yang benar-benar membutuhkan. Ajari juga si kecil untuk menyisihkan sebagian barangnya dengan mengingatkan barang atau mainan apa saja yang sudah tidak membuat mereka senang. Cara ini bisa dilakukan mulai dari umur anak tiga tahun Urbaners

SIMPAN HASIL KARYA ANAK

Bawa pulang hasil karya anak dari sekolah hal ini akan membuat ia senang dan merasa di apresiasi. Pajang hasil karya anak di dinding agar mereka dapat selalu melihatnya.

 

SIAPKAN WADAH

Sediakan wadah dan pisahkan barang-barang anak sesuai fungsinya agar lebih terorganisir, seperti peralatan menggambar, dan lain-lain. Dengan begini anak tidak hanya distimulasi untuk kreatif tetapi juga terbiasa untuk menyimpan barang di tempatnya kembali. Pastikan juga barang-barang tersebut dapat mereka raih dengan mudah.

AJARKAN ANAK BERTANGGUNG JAWAB

Merapikan isi rumah bisa menjadi sebuah aktivitas bersama untuk setiap anggota keluarga, namun sebenarnya sangatlah penting bahwa setiap anak belajar untuk bertanggung jawab terhadap barang-barangnya. Orang tua dapat membantu anak-anak untuk memulai prosesnya dan menyemangatinya. Pastikan barang-barang dewasa sudah selesai dirapikan sebelum mulai bekerja bersama anak-anak.

 

TIPS SAAT PAGI

Biasakan anak-anak menyimpan segala sesuatu kembali di tempatnya, dan untuk pagi hari yang lebih tenang anak harus dapat menemukan sesuatu dengan mudah. Jangan membuang waktu hanya untuk mencari-cari suatu barang, terutama di pagi hari Urbaners.

Demikian tips, semoga bermanfaat!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.