Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ini Hal-hal yang Harus Dilakukan Agar Anda Terbebas dari Hutang

Ini Hal-hal yang Harus Dilakukan Agar Anda Terbebas dari Hutang

Urbanloka.com – Ada orang yang memiliki jumlah penghasilan yang sama, tetapi salah satu pihak terlilit utang yang besar dan lainnya tidak. Berikut ini hal-hal yang dapat Anda lakukan agar berada di golongan orang-orang yang bebas hutang Urbaners.

MILIKI TUJUAN

Terbebas dari utang tidak terjadi secara kebetulan, sebab dibutuhkan kombinasi tujuan dan kemauan yang kuat untuk melakukannya. Mulailah menetapkan tujuan dengan benar terkait dengan utang yang dimiliki.

HINDARI KONSUMTIF

Anda tidak akan bisa terbebas dari utang, jika terus membeli barang yang diinginkan setiap saat. Hal yang harus disadari adalah pasti akan selalu ada barang baru, lebih bagus, dan lebih besar dari barang yang sebelumnya dibeli. Mulailah mencegah sikap konsumtif dan belilah barang yang Anda butuhkan saja.

MAMPU KENDALIKAN DIRI

Pemasaran yang dilakukan oleh banyak produsen membuat Anda semakin tertarik untuk membeli berbagai barang baru, mulai dari membeli pakaian, ponsel, dan lain sebagainya. Jika Anda tidak bisa mengendalikan diri, pola belanja akan menjadi berlebihan dan ini akan berpengaruh terhadap anggaran keuangan bulanan.

SADAR DENGAN DIRI SENDIRI

Sebelum Anda membeli sebuah barang atau jasa pastikan mempertimbangkan kebutuhan, apakah barang tersebut bisa memudahkan kehidupan, atau adakah manfaat yang bisa dirasakan saat memilikinya.

BERINVESTASI

Daripada membeli barang dengan cara berhutang, lebih baik membiasakan diri untuk berinvestasi saja. Investasi yang dilakukan memungkinkan dana yang dimiliki bisa berkembang nilainya di masa depan. Hanya saja banyak orang masih ragu berinvestasi karena takut dengan resiko yang bisa terjadi.

KONSISTEN

Terbebas dari utang dikarenakan dedikasi dan konsistensi yang tidak tergoyahkan. Anda harus bisa menahan diri berhutang untuk hal-hal yang tidak diperlukan. Lebih memilih untuk membeli barang yang dibutuhkan daripada yang diinginkan, dan sadar dengan kemampuan yang dimiliki. Perjalanan terbebas dari utang adalah proses yang panjang dan harus dilakukan secara konsisten.

Tanpa adanya konsistensi Anda akan sulit terbebas dari utang. Terapkan 6 kebiasaan diatas segera!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.