Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ini Hal-hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Membuat Vertical Garden

Ini Hal-hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Membuat Vertical Garden

Urbanloka.com – Taman saat ini merupakan salah satu komponen wajib untuk memperindah eksterior bangunan. Selain untuk estetika, taman juga dapat menciptakan ruang hijau, mengurangi suhu udara, dan memberikan asupan oksigen tambahan Namun tidak semua bangunan memiliki lahan datar yang cukup luas untuk ditanami tanaman hijau. Vertical garden dapat menjadi solusinya Urbaners. Ciptakan vertical garden pada hunian, ini tips dan triknya!

 

MEDIA TANAM

Menciptakan vertical garden pada hunian gunakan teknik tanam hidroponik. Gunakan media tanam yang terbuat dari bahan yang ringan, kuat, dan mampu menyerap air. Saat ini media yang paling banyak digunakan adalah nonwoven geotextile dan velt dari sabut kelapa. Media dari sabut kelapa memiliki keunggulan dalam menyimpan air yang lebih besar dibanding nonwogen geotextile, namun memiliki ketahan yang lebih rendah dibanding nonwogen geotextile.

JENIS TANAMAN

Pilihlah jeni tanaman merambat seperti Sansevieria dan Ruscifolia. Melihat keterbatasan daya dukung vertical garden dalam menunjang bobot tanaman karena posisinya yang tegak, sebaiknya pilih tanaman berbobot ringan dan tidak terlalu besar. Selain itu pilihlah tanaman yang memiliki kecepatan tumbuh yang relatif sama satu dengan yang lain agar tidak ada yang mendominasi ruang tumbuh dan menutupi tanaman jenis lain pada media.

AIR

Air sebagai pokok tumbuh subur tidaknya tanama, sebab taman vertikal tidak memliki kemampuan menyimpan air sebaik tanah serta tidak memiliki kandungan nutrisi alami. Biasanya digunakan sistem irigrasi otamatis untuk meminimalisir konsumsi air serta injeksi nutrisi. Pasokan air harus tetap terjaga dan kualitas air juga harus diperhatikan.

LISTRIK

Sistem irigasi air dengan sistem otomatis menggunakan pompa listrik yang berguna untuk mengalirkan air ke taman dapat menjadi pilihan Urbaners. Sedemikian krusialnya penyiraman, penyedia jasa vertical garden yang baik biasanya juga menyiapkan sistem cadangan yang memanfaatkan langsung keran air untuk penyiraman, andaikan listrik mati.

CUKUPKAN CAHAYA MATAHARI

Tempatkan vertical garden pada area yang terkena paparan sinar matahari. Hindari daerah yang teduh dan tertutup karena bisa menyebabkan pertumbuhan tanaman terhambat. Penggunaan cahaya buatan seperti halida logam dapat digunakan pada vertical garden yang kesulitan untuk memperoleh pasokan cahaya matahari.

Vertical garden akan menjadi pemandangan yang indah dan menyegarkan pada hunian. Selamat mencoba Urbaners!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.