Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Inovasi Teknologi yang Mampu Membantu Keseimbangan Para Lansia

Inovasi Teknologi yang Mampu Membantu Keseimbangan Para Lansia

Urbanloka.com – “Jatuh”, kerap menjadi masalah utama yang sering dihadapi para Lansia. Tim ilmuwan internasional dari Scuola Sant’Anna di Italia dan EPFL (Ecole polytechnique fédérale de Lausanne) di Swiss kemudian merancang solusi cerdasnya dalam bentuk exoskeleton yang dapat melawan hilangnya keseimbangan penyebab jatuhnya para lanjut usia.Yuk kita simak detailnya berikut ini Urbaners.

Exoskeleton ini membantu pemakai mendapatkan kembali keseimbangannya setelah misalnya mengalami sakit yang berkepanjangan. Perangkat ini digunakan dari pinggang ke bawah, dengan menggunakan kawat serat karbon dan motorik di bagian pinggul.

Setelah digunakan, sistem ini membutuhkan waktu sekitar beberapa menit untuk mempelajari secara khusus cara berjalan, kalibrasi algoritma serta identifikasi bagaimana pemakaianya berap terjatuh Urbaners.

 

Jika pemakainya kehilangan keseimbangan, mesin ini akan langsung mendorong ke bawah para pemakainya agar segera mendapatkan kembali stabilitasnya pada bagian pinggul.

“Saya merasa lebih percaya diri saat mengenakan exoskeleton,”ungkap Fulvio Bertelli, 69 tahun, yang mendapatkan kesempatan pertama untuk menguji sistem prototipe ini, setelah sebelumnya ia berjalan di atas treadmill untuk menghilangkan sejenak keseimbangannya.

“Penemuan ini membuka jalan bagi para penggunanya kembali ke mobilitas biasa, yaitu dengan ritme berjalan yang lebih stabil dan aman,” ungkap Profesor Nicola Vitiello dari Scuola Sant ‘ Anna. Tim tersebut kemudian mempublikasikan hasilnya di jurnal Scientific Reports Urbaners.

Lebih detail mengenai exoskeleton pada video berikut ini, Urbaners!

Sumber: EPFL

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.