Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Inspirasi Apartemen Mikro Mewah dengan Harga Terjangkau ala New York nArchitects

Inspirasi Apartemen Mikro Mewah dengan Harga Terjangkau ala New York nArchitects

Urbanloka.com – Perusahaan arsitektur New York nArchitects telah merilis model terbaru dari bangunan hunian mikro, unit modularnya dijadikan “paradigma baru sistemik” bagi kota-kota yang menghadapi krisis perumahan dengan harga terjangkau.

Dahulu dikenal sebagai My Micro NY, bangunan sembilan lantai tersebut telah berganti nama menjadi Carmel Place. Terletak di kawasan Kips Bay di Manhattan. Dengan luas 35.000 kaki persegi (3.250 meter persegi), menara ini berisi 55 unit hunian dengan ukuran 250-370 kaki persegi (23 sampai 34 meter persegi). Bangunan tinggi dan sempit tersebut terdiri dari empat lapisan dengan berbagai gradasi batu bata abu-abu.

Foto-foto interior menampilkan studio terang dengan pintu kaca geser, balkon dan langit-langit yang berukuran lebih dari sembilan kaki (2,7 meter). Perusahaan tersebut bekerja sama dengan Resource Furniture untuk membuat built-in piece yang menggabungkan sofa, tempat tidur dan tempat penyimpanan, sehingga ruang tamunya dapat berfungsi ganda sebagai kamar tidur.

“NArchitects sendiri merancang bagian dalam huniannya dengan lapang, nyaman dan lebih fleksibel,” ungkap studio yang berbasis di Brooklyn itu. Didirikan pada tahun 1999 oleh Eric Bunge dan Mimi Hoang.

Tim arsitek dan pengembang memang memprioritaskan hunian dengan bukaan cahaya, ventilasi dan pemandangan ke lingkungan sekitar sebanyak mungkin,” tambahnya.

Unit modular yang terbuat dari rangka baja dan lembaran beton tersebut juga memproduksi unit off-site di Brooklyn, yang pada gilirannya mempercepat proses konstruksi.

New York Times mengatakan bahwa sebagian besar unit akan dibandrol dengan harga sewa bulanan sebesar $950 (sekitar £600), cukup murah untuk harga sewa di Manhattan.

“NArchitects sendiri merancang eksterior dan interior apartemen ini dengan tujuan menciptakan paradigma baru sistemik untuk perumahan di New York City serta kota-kota lain dengan tantangan demografis dan keterjangkauan yang serupa. Di New York, arsitektur dengan cita rasa sosial memang kini semakin langka”

Meskipun unit sewa ditujukan untuk penyewa berpenghasilan rendah dan menengah, bangunan ini menawarkan fasilitas yang lebih umum dikaitkan dengan bangunan apartemen mewah. Fasilitasnya termasuk gym, lounge, ruang komunitas, dan rooftop. Bangunan ini juga menawarkan ruang penyimpanan sepeda, serta loker penyimpanan yang cukup besar.

Dengan banyaknya orang yang tinggal sendiri, para arsitek meyakini ada pasar besar untuk apartemen mikro.  Proyek ini dikembangkan dengan dukungan dari New York City Department of Housing Preservation and Development, serta didukung oleh perusahaan real estat Monadnock Development.

Desain nArchitects dipilih melalui kompetisi 2012 yang diselenggarakan oleh mantan walikota New York Michael Bloomberg. Kompetisi mengundang perancang untuk mengusulkan tempat tinggal mikro yang bisa dijadikan model baru dengan harga yang cukup terjangkau. Hm, sungguh sangat menarik bukan. Kapan ya bisa diterapkan di Jakarta.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.