Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Inspirasi Dekorasi Hunian Kontemporer dengan Luas Terbatas

Inspirasi Dekorasi Hunian Kontemporer dengan Luas Terbatas

Urbanloka.com – Studio Amerika Elizabeth Herrmann Architecture + Design mendesain sebuah tempat tinggal mikro dengan dominasi hunian dengan warna-warna yang terang. Tujuannya adalah membuktikan bahwa “rumah kecil tidak harus selalu monoton dan penuh sesak”.

Terletak di sebuah situs di dekat Pegunungan Hijau, rumah mikro ini dirancang oleh seorang seniman yang menginginkan “rumah indah, dan hemat energi”. Dengan anggaran yang ketat.
Arsitek kemudian mengiris fungsi ruang menjadi beberapa kotak. Strukturnya sendiri dibungkus oleh kayu berwarna terang.

Hunian ini menciptakan ruang bermain yang menyenangkan agar terciptanya interaksi antara anggota keluarga dan lansekap.

Memiliki luas 430 kaki persegi (40 meter persegi), rumah ini berisi loteng tidur, kamar mandi dengan bath tub dapur, meja makan, ruang bekerja, lemari penyimpanan, dan zona hidup yang berfungsi ganda sebagai ruang tidur tamu.

“Seperti sebuah perahu, rumah itu memiliki konsennya sendiri dalam memaksimalkan luas ruang namun dengan tetap menjaga interior tetap nyaman untuk ditinggali, “ungkap Herrmann.

Mencegah rumah dari kesan sempit, arsitek juga menciptakan ruang bawah tanah sebagai tempat penyimpanan tambahan, seperti mesin cuci dan peralatan mekanis. Pintu menuju basement ini sengaja disamarkan agar berbaur dengan lantai kayu hunian. Jendela diletakan ditiap sudut hunian untuk memberi pertukaran udara yang cukup.

 

Lantainya sendiri didominasi oleh kayu mapple. Arsiteknya menekankan bahwa microHOUSE merupakan bangunan fungsional yang menunjukkan tentang apa yang bisa dicapai dalam hunian berskala kecil.

“Hunian ini adalah ekspresi logis dari kebutuhan, isi, fungsi, pengaturan dan pandangan penghuninya – menunjukkan, bahwa rumah dengan ukuran terbatas tak harus selalu monoton dan membosankan”. Sungguh sangat menarik bukan Urbaners? Tertarik mengaplikasikannya pada hunian Anda?

Fotografi oleh Jim Westphalen

Submit a Comment