Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Inspirasi Desain Hunian Powerfull & Colorfull yang Nyaman di Area Pedesaan

Inspirasi Desain Hunian Powerfull & Colorfull yang Nyaman di Area Pedesaan

Urbanloka.com – Arsitektur Core Collective baru saja menyelesaikan sebuah rumah di Tasmania yang memadukan palet beton, baja, batu dan kayu yang sesuai dengan setting pedesaannya. Yuk simak seperti apa detailnya Urbaners

Core Collective, yang berbasis di Australia merancang Sunnybanks House untuk pasangan pensiunan yang meninggalkan Sydney untuk menikmati gaya hidup yang lebih dekat dengan alam di pedesaan Tasmania selatan. Properti ini sendiri terletak di lereng bukit menghadap Saluran D’Entrecasteaux yang membentang di sepanjang daratan dan Pulau Bruny.

Klien memang menginginkan hunian yang memaksimalkan view pemandangan serta menyediakan ruang yang cukup untuk menampung keluarga yang berkunjung, lebih hemat energi serta efisien dalam pemanfaatan bukaan cahaya alaminya

Arsitek kemudian juga mulai membuat bangunan yang dapat digabungkan dengan pemandangan sekitarnya serta memanfaatkan berbagai aspek, sekaligus menawarkan perlindungan dari iklim yang keras.

“Kami ingin rumah dengan banyak ruang bersantai, dengan view langsung ke kontur bukit, serta membuka sisi utara yang menghadap langsung ke panoramik. Hal ini juga bertujuan untuk memaksimalkan cahaya alami matahari pada ruang”

Karena Tasmania memiliki cuaca tak menentu di sepanjang tahun, kami membangun area hiburan outdoor yang terlindung, dengan atap serta perapian terbuka untuk menjaga hunian selalu dalam keadaan hangat Urbaners.

Para arsitek juga bekerja sama dalam merancang beberapa barang custom-made untuk hunian, termasuk layar besar yang memisahkan area gravelled dari kebun. Pintu masuknya sendiri mengarah langsung ke area dapur dan ruang makan yang dilapisi jendela besar serta membingkai indahnya pemandangan pedesaan dan laut.

Tepat di depan pintu masuk pada sisi ruang tamu terdapat teras yang dilapisi kaca setinggi langi-langit, membantu memperluas jarak pandang area dalam hunian ke area kebun Urbaners.

Pintu masuk kaca di ujung ruang tamu juga menghubungkan ruang indoor dan outdoor. Dinding yang dilapisi papan kayu vertikal ini melengkung di ujung dapur dan memisahkan ruangan dari koridor menuju kamar tidur utama yang terdapat di salah satu ujung rumah.

Lansekap taman serta ruang terbukanya menggabungkan berbagai jenis tanaman yang dipilih sesuai dengan kebutuhan klien dalam konteks bangunan. Atap hijau yang terletak di atas garasi juga ditanami dengan rindangnya dengan beragam jenis tanaman.

Pada hunian ini arsitek memang sengaja merancang materialnya dengan latar belakang netral untuk koleksi furnitur, karya seni, sastra dan musik dengan nada dan tekstur alami yang menambah kehangatan pada setiap tampilan ruang Urbaners. Hm… sungguh sangat menarik bukan, tertarik mengaplikasikannya pada hunianmu?

Fotografi oleh Adam Gibson

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.