Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Inspirasi Hunian Hijau dengan Pemaksimalan Area Halaman Belakang ala Tonkin Liu,

Inspirasi Hunian Hijau dengan Pemaksimalan Area Halaman Belakang ala Tonkin Liu,

Urbanloka.com – Sebuah hunian unik di rancang oleh Tonkin Liu, dimana pada hunian rancangannya hujan akan jatuh melalui celah atap cekung, dan kemudian digunakan sebagai komponen penghidup area kolam dangkal pada area bawahnya. Hunian yang kemudian disebut sebagai Sun Rain Rooms ini berada di belakang sebuah townhouse Georgia kelas II Urbaners. Yuk kita lihat lebih dekat seperti apa jelasnya.

Studio yang bekerja untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan taman belakang dengan ukuran terbatas ini, memiliki harapan dapat menciptakan area kerja yang lebih banyak pada ruang hidup di ruang bawah tanah yang ada.

“Fasad depan teras hunian Georgia terkenal dengan tampilannya yang formal dan seragam namun lebih berwarna pada area belakangnya yang diperluas agar sesuai dengan kebutuhan penghuninya dari waktu ke waktu,”Ungkap Greg Storrar, seorang associate di Tonkin Lui.

“[The Sun Rain Rooms] adalah proyek arsitektur dan lansekap yang bermain dengan gagasan tentang taman urban modern,” tambah perencanaa proyek, C J Hoile.

Arsitek menciptakan atap kayu lapis yang membentang di sepanjang taman. Suas juga memaksimalkan pemaparan terhadap cahaya alami pada hunian. Bagian bawah atap yang dihubungkan dengan pola lingkaran berjenjang CNC ini dimaksudkan untuk meniru riak-riak yang dibuat oleh tetesan air hujan di atas air.

Pipa yang membentang di atas rumah juga digunakan sekaligus untuk menampung air hujan. Dengan hanya menekan sebuah tombol, tangki dapat dikosongkan dan airnya dapat digunakan untuk memenuhi kolam. Air ini juga dapat digunakan untuk mengairi tanaman hijau pada area atap, Urbaners.

“Membawa orang lebih dekat dengan alam dengan menanamkannya pada desain kami, merangkul unsur-unsur alam akan memberikan bukaan cahaya matahari, udara, dan air hujan pada hunian,” terang Storrar.

Tim Tonkin Liu kemudian memperluas ruang bawah tanah dan menciptakan kamar tidur tambahan dengan dua kamar mandi yang berada di bagian bawah taman. Pada lantai yang lebih rendah, terhubung ke rumah utama oleh tangga spiral hitam berukir yang dipenuhi tanaman. Area sendiri diarahkan pada dinding kaca untuk memastikan ruang tetap terang dan lapang.

Kamar tidurnya sendiri di desain dengan ceruk tidur melengkung yang terbuat dari kayu pinus, laminasi dan bentuk atap perpanjangan kebun pada area atasnya.

Sun Rain Rooms baru-baru ini diumumkan sebagai salah satu proyek terpilih pada Do not Move, Improve! Awards 2018 – sebuah kompetisi tahunan yang mengupayakan perpanjangan hunian terbaik di London.

Fotografi adalah oleh Edmund Sumner.

Architecture: Tonkin Liu
Structure: Rodrigues Associates

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.