Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Inspirasi Optimasi Lahan Hunian Sempit ala Perumahan di London Timur

Inspirasi Optimasi Lahan Hunian Sempit ala Perumahan di London Timur

Urbanloka.com – Bata miring buat zigzag tiga dimensi di dinding rumah London ini, dirancang oleh arsitek kantor Dallas Pierce Quintero pada sebidang tanah kecil di London timur. Dinamakan Courtyard House, rumah hanya dengan luas 95 meter persegi ini menempati situs berbentuk L yang dulunya merupakan kebun tetangganya, ia kemudian mempartisi tanah tersebut menjadi halaman tambahan dari huniannya.

Hackney Dallas Pierce Quintero membuat sebuah rumah dengan dua kamar tidur pada rumah dua lantai tersebut. “Tantangannya terletak pada menciptakan sebuah rumah pribadi dengan halaman yang cukup, serta bukaan cahaya pada setiap sudutnya sebagai ventilasi alami sementara luas tanahnya terbatas”

“Lantai dasarnya didesain dengan konsep lapang. Dengan halaman yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda, mulai dari untuk penyegar ruang makan outdoor hingga halaman yang memang difungskan sebagai kebun tempat tanaman kesayanga penghuninya tumbuh, “Ungkap arsitek muda Jonathan Dallas, David Pierce dan Juliet Quintero.

Untuk membantu menyatukan ruang indoor dan outdoor, Eksterior bangunan dibuat meluas ke ruang hidup. Dengan menggunakan bata yang gelap dengan bentuk vertikal daripada garis-garis horizontal, menciptakan kontras yang jelas dari bata standar.

Pada bagian bawahnya, batu bata gigi gergaji digunakan untuk “melembutkan penampilan”. Dengan membentuk pola zigzag tiga dimensi, yang secara tidak langsung juga menciptakan kesan papan catur ketika mendapatkan tangkapan cahaya yang pas.

Pada bagian dalamnya, tata letak dirancang secara sefleksibel mungkin, tetapi juga menghindari kesan sempit pada hunian.

Lantai dasar berbentuk L menciptakan sebuah efek alami antara dapur, ruang makan dan ruang hidup. Sementara pada bagian ruang makannya yang dipartisi dengan tirai untuk memberikan batas yang jelas antara ruang makan dan kamar tidur untuk para tamu.

 

Untuk menjaga anggaran yang hemat, hanya kayu terpilih yang digunakan untuk struktur bangunan. Banyak dari strukturnya juga dibiarkan terbuka, dengan penambahan tekstur mampu memberikan kehangatan pada interior hunian.

“Balok langit-langit yang pada ruang tamu sengaja dibuat tnggi, untuk memberikan kesan luas pada hunian”. Courtyard House adalah salah satu dari 20 rumah longlisted RIBA House of pada Tahun 2015.

Sebuah rumah yang dilapisi dengan batu ini memenangkan penghargaan, dengan keunikannya serta properti monokrom yang terinspirasi oleh lumbung pertanian. Berikut lebih banyak tampilan detail interior dalam bentuk foto dan rancangan bangunannya Urbaners.

   

Detail Proyek:

Arsitek: Dallas Pierce Quintero
Insinyur struktur: Momentum
Kuantitas surveyor: Andrew D Smith

Fotografi olej Tom Gildon

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.