Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Inspiratif, Intip Rumah Mini Berukuran 3500mm di Jakarta Selatan Ini Urbaners!

Inspiratif, Intip Rumah Mini Berukuran 3500mm di Jakarta Selatan Ini Urbaners!

Urbanloka.com – Memiliki hunian di kota besar seperti Jakarta, menjadi tantangan tersendiri, terutama dengan kendala lahan yang terbatas.

Firma AGo Architects, Abimantra Pradhana kemudian memberikan solusinya, berupa sebuah hunian berukuran 3500 Millimeter House. Berlokasi di kawasan Jakarta Selatan. Rumah dengan lahan terbatas tersebut hanya memiliki lebar 3,5 meter.

Fasad bangunan terdapat sebuah jala berlubang yang terbuat dari baja. Sistem double-facades diterapkan untuk mereduksi panas matahari karena rumah menghadap ke barat. Sementara, ruang yang tercipta di antara fasad jala dan kaca rumah bisa digunakan sebagai balkon atau teras rumah.

Rancangan ini sebagai jawaban, apa yang dibutuhkan pemilik rumah, bukan semata apa yang mereka inginkan. Hunian vertikal yang terdiri atas tiga lantai ini, dengan fungsi ditiap lantainya yang berbeda-beda.

Lantai dasar difungsikan sebagai area kamar tidur utama. Sementara lantai kedua difungsikan sebagai Ruang keluarga, ruang makan dan dapur, serta laundry. Pada lantai tiga digunakan sebagai kamar anak.

Menghemat ruang, furnitur di rumah ini memiliki sistem plug-in. Artinya, setiap perabot bisa diubah ukuran dan fungsi sesuai kebutuhan. Plafon hunian juga sengaja dibuat tinggi untuk memaksimalkan masuknya cahaya matahari ke dalam rumah.

Tak hanya itu, beberapa elemen dalam rumah juga memiliki fungsi ganda. Misalnya, tangga dijadikan sebagai rak buku. Ada juga meja yang dapat dijadikan tempat penyimpanan. Rumah ini juga memiliki tiga desain tangga yang berbeda. Sungguh menarik bukan? Tertarik memilikinya Urbaners?

Detail Project:

Principal Architect: Abimantra Pradhana

Project Architect : Leo Pratama

Lokasi : Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia

Luas Tanah : 56m2

Luas Bangunan  : 100m2

Tahun Terbangun  : 2018

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.