Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Jaga Kesehatan Mata Anak, Hal-hal yang Harus Anda Perhatikan Pada Penerangan Kamarnya

Jaga Kesehatan Mata Anak, Hal-hal yang Harus Anda Perhatikan Pada Penerangan Kamarnya

Urbanloka.com – Ketika anak memiliki kamar sendiri, orang tua perlu memerhatikan kondisi kamarnya. Mulai dari furnitur, tata letaknya, hingga penerangan kamar. Mengapa penerangan itu penting? Menurut Dr dr Ariani Dewi Widodo SpA(K), penerangan di kamar anak sangat penting karena berkaitan dengan kondisi kesehatan anak. Berikut empat hal yang perlu Anda perhatikan tentang penerangan di kamar tidur anak!

SESUAIKAN DENGAN DINDING KAMAR

Penerangan bergantung pada warna dinding kamar, jika dinding berwarna terang seperti putih atau biru muda maka penerangannya tak perlu terlalu terang cahayanya. Karena warna yang terlalu terang akan memantulkan cahaya. Jika cahaya terlalu terang, pantulannya akan menyilaukan mata. Alhasil kurang baik untuk ke mata anak. Sebaliknya jika warna dindingnya gelap seperti hitam atau abu-abu maka butuh penerangan yang cukup karena warna gelap itu kan sifatnya memendam cahaya

BIASAKAN MATIKAN LAMPU KAMAR SAAT TIDUR

Biasakan anak tidur dalam keadaan kamar gelap, sebab ada hormon yang mengatur nyenyak atau tidaknya tidur bernama hormon melatonin. Dalam keadaan gelap tubuh akan lebih rileks, sementara dalam keadaan terang hormon melatonin tidak akan bekerja secara maksimal. Hasilnya, produktivtas otomatis menurun, kemampuan konsentrasi, metabolisme terganggu, dan dapat berakibat buruk pada kulit.

SESUAIKAN POSISI MEJA

Tata letak meja belajar penting untuk diperhatikan. Jika meja belajar posisinya membelakangi lampu kamar, lebih baik ditambah lagi penerangan khusus di meja belajar. Jika tidak, anak akan berisiko sakit mata.

WARNA LAMPU

Jangan salah, warna lampu juga memengaruhi regulasi hormon melatonin di tubuh. Ketika warna lampunya cenderung memiliki warna lebih biru. Ketika anak melihat cahaya berwarna kebiruan tubuh mengirim sinyal ke otak untuk menghentikan hormon melatonin yang bisa membuatnya cepat terlelap. Lalu, lampu di kamar sebaiknya seperti apa? Mengutip New York Times, lampu kamar lebih baik yang warnanya warm white. Karena dapat menenangkan pikiran dan membuat tubuh rileks Urbaners.

Demikian tips, semoga bermanfaat ya!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.