Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Jangan Panik ini yang Harus dilakukan Jika dihadapkan dengan Bencana Alam Gempa

Jangan Panik ini yang Harus dilakukan Jika dihadapkan dengan Bencana Alam Gempa

Urbanloka.com – Gempa, bencana alam menakutkan yang dapat menimpa kita kapan saja Urbaners. Karenanya, mari antisipasi hal ini. Jangan Panik! Berikut hal-hal yang harus Anda lakukan ketika bencana alam gempa terjadi.

JANGAN PANIK

Jangan panik dan tergesa-gesa tanpa berfikir Urbaners. Jika gempa terjadi, segera berlari keluar bangunan dan cari area lapang dimana tak ada bangunan disekelilingnya.

CARI PELINDUNG KEPALA

Jika gempa cukup besar dan tidak ada tempat berlindung, cari pelindung yang dapat menjaga kepala Anda tetap aman dari serpihan reruntuhan atau hantaman benda keras lainnya.

SEMBUNYILAH DIBAWAH MEJA

Jika gempa begitu dahsyat dan sudah mulai terjadi keruntuhan atap, cepat merunduk dan merangkak ke bawah meja Urbaners.

JIKA BERADA DI PUSAT PERBELANJAAN

Usahakan untuk tetap tenang, biasanya kerumunan orang dalam bencana berpotensi kepanikan. Ikuti petunjuk dari satpam (satuan pengamanan) atau petugas penyelamat. Jangan menggunakan lift ketika terjadi gempa atau kebakaran namun gunakanlah tangga darurat, lalu bergeraklah ke tempat terbuka.

JIKA DI DALAM KENDARAAN

Berpeganganlah dengan erat pada tiang atau apapun di dekat Anda sehingga tidak terjatuh dari guncangan atau jika kendaraan berhenti secara mendadak. Tetaplah tenang dan ikuti perintah atau petunjuk dari petugas. Mintalah pengemudi untuk menghentikan kendaraan. Setelah itu bergeraklah ke tempat yang terbuka.

JIKA DIGUNUNG ATAU DIPANTAI

Gempa dapat menimbulkan longsor di gunung atau perbukitan. Jika Anda berada di pegunungan, bergeraklah ke tempat yang aman seperti lapangan terbuka yang jauh dari daerah lereng. Gempa di bawah laut bisa menimbulkan gelombang tsunami, jika gempa itu terjadi, bergeraklah ke dataran yang lebih tinggi.

Demikian, Semoga tips ini dapat berguna bagi Anda Urbaners!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.