Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ketahui Penyebabnya Diet Belum Berhasil Meski Sudah Kurangi Porsi Makan

Ketahui Penyebabnya Diet Belum Berhasil Meski Sudah Kurangi Porsi Makan

Urbanloka.com – Telah menahan hasrat makan enak selama berminggu-minggu demi menurunkan berat badan, tapi hasilnya belum tampak juga? Mungkin ada yang salah dari cara diet Anda. Tak hanya mengurangi berat badan, tapi juga melakukan olahraga.

Lalu mana yang sesungguhnya lebih ampuh, mengurangi porsi makan atau olahraga? Pada dasarnya, kunci menurunkan berat adalah mengendalikan kalori dalam tubuh. Caranya ada dua, yaitu membatasi asupan kalori dari makanan dan minuman serta membakar kalori yang disimpan dalam tubuh.

Menurut seorang pakar ilmu gizi dan olahraga Shawn M. Talbott, Ph.D., memang sejatinya lebih mudah membatasi asupan kalori daripada membakarnya. Inilah mengapa banyak orang memilih untuk mengurangi porsi makan, lebih tepatnya yaitu kalori, untuk mengendalikan berat badan. Apalagi Anda yang punya segudang kesibukan tiap hari. Ketahui manfaat berolahraga dan berdiet bagi tubuh Anda.

BAKAR LEMAK LEBIH BANYAK

Tanpa olahraga tubuh Anda malah akan kehilangan massa otot dan tulang karena asupan gizi Anda berkurang. Di timbangan memang berat badan menurun, tapi hanya sedikit saja lemak yang hilang. Sebagian lainnya dari berat badan yang hilang justru bukan lemak, melainkan otot dan kepadatan tulang. Sedangkan olahraga justru akan menguatkan otot dan tulang sembari mengusir kelebihan lemak. Ini lantaran olahraga memicu sistem metabolisme agar mengolah lemak jadi kalori (energi).

JAGA BERAT STABIL

Terbiasa olahraga saat diet, Anda bisa menjaga berat badan ideal. Bayangkan kalau suatu saat Anda makan banyak di suatu acara. Kalori yang Anda konsumsi hanya akan menumpuk jadi lemak saja di tubuh dan berat badan Anda pun naik lagi. Sementara kalau Anda biasa olahraga, sesekali makan banyak tak jadi masalah. Tubuh akan tetap membakar lemak yang menumpuk sehingga badan tetap langsing dan stabil.

CEGAH STRESS

Pakar ilmu olahraga dari Auburn University at Montgomery di Amerika Serikat, Michele Olson Ph.D. menjelaskan bahwa olahraga mampu melawan stres dan meningkatkan kualitas tidur. Menurut sejumlah penelitian, stres dan kurang tidur bisa membuat Anda gemuk karena nafsu makan meningkat dan metabolisme tubuh kacau.

Jadi, Anda masih malas olahraga untuk diet Urbaners?

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.