Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Ketahui Usaha Ideal Menikah dari Kacamata Medis Urbaners

Ketahui Usaha Ideal Menikah dari Kacamata Medis Urbaners

Urbanloka.com – Dengan semakin maraknya pernikahan dibawah umur. Berapa usia ideal menikah menurut kesehatan sebenarnya?

25 adalah usia yang paling ideal untuk menikah karena fungsi reproduksi berjalan paling maksimal. Namun data yang dilakukan UNICEF nenyebutkan bahwa 1 dari 4 anak perempuan menikah di bawah usia 18 tahun.

Sementara itu data BPS menyebut lima provinsi dengan angka perkawinan dini tertinggi di Indonesia ada pasa Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Bangka Belitung, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara.

“Dampak cukup besar akibat ketidaktahuan remaja yang hamil adalah bagaimana dia mengasuh bayi yang dikandungnya. Perkembangan prestasi juga terganggu. Hal yang paling besar adalah tingginya angka stunting, kematian bayi dan ibu saat melahirkan,”

Anak-anak yang menikah di usia dini juga cenderung tidak menyelesaikan pendidikannya karena malu dengan statusnya. Hal ini, kata dr. Julianto bisa memicu rendahnya pengetahuan anak-anak ini dalam merawat si kecil sehingga menjadi stunting.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.