Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Koi Cafe, Inspirasi Penerapan Sistem Aquaponics pada Interior Nyaman & Hijau ala Cafe Ini

Koi Cafe, Inspirasi Penerapan Sistem Aquaponics pada Interior Nyaman & Hijau ala Cafe Ini

Urbanloka.com – Studio pertanian, dan praktik arsitektur vietnamese, baru saja menyelesaikan ‘koi cafe’ pada sebuah rumah bertingkat tiga di hanoi, vietnam. Konsep desainnya yang berpusat di sekitar pertanian perkotaan melalui penggunaan sistem aquaponics dan akuarium ikan koi. Yuk kita simak seperti apa detailnya Urbaners.

Air terjun yang mengalir menciptakan oksigen yang sehat untuk ikan sambil memfasilitasi sistem ‘siklus tertutup’

Desain studio pertanian juga memfasilitasi siklus sumber daya terbarukan di dalam kafe, karena limbah dari akuarium ikan koi ini kemudian dipompa ke tanah yang mendukung kesuburan atap hijau pada kafe. Setelah nutrisi dari limbah diserap oleh vegetasi, hasil sampingan dari air yang dimurnikan dikembalikan lagi ke akuarium.

‘Siklus tertutup’ ini juga sekaligus menghilangkan limbah dan menghemat energi sembari menghindarkan kebutuhan akan penggunaan stimulan kimia untuk mendukung kehidupan tanaman.

Para arsitek menggunakan kerangka baja untuk memodifikasi kualitas ruang asli bangunan. Interior dan perabotannya dibangun dengan menggunakan kayu daur ulang, yang selanjutnya memberi kontribusi pada kesinambungan desain Urbaners.

Melalui sistem aquaponics, sayuran segar dan hasil panen juga dapat ditanam di dalam kafe untuk memastikan sistem berkelanjutan sumber daya terbarukan.

Atap hijau vegetasi memberi keteduhan pada para tamu kafe, perancangnya juga menggunakan bahan-bahan lokal di keseluruhan interior.  Model ‘pertanian perkotaan’ yang digunakan menghilangkan limbah dan menghemat energi Urbaners. Berikut dibawah ini detail interior Cafe Koi dari berbagai sudut, sungguh menginspirasi bukan?

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.