Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Membangun Hunian Pertama, Jangan Sampai Tertipu Tanah, Kenali Jenis-jenisnya!

Membangun Hunian Pertama, Jangan Sampai Tertipu Tanah, Kenali Jenis-jenisnya!

Urbanloka.com – Memiliki hunian impian, pastikan dulu status tanah Anda Urbaners. Perlu diketahui status tanah dapat diklasifikasikan menjadi 2 kelompok, yaitu berdasarkan status fisik dan kondisi status bersertifikat. Seperti apa detailnya? Yuk pahami lebih lanjut Urbaners!

TANAH SAWAH

Menawarkan tanah dengan harga yang lebih ekonomis jika dibandingankan dengan tanah pekarangan Urbaners. Namun untuk memilikinya dibutuhkan perizinan pengeringan.

TANAH PEKARANGAN

Meskipun lebih mahal jika dibanding tanag sawah, tapi pada prosesnya Anda tak lagi membutuhkan izin pengeringan lahan Urbaners. dan tanah bisa langsung Anda garab.

TIDAK BERSERTIFIKAT

Tanah jenis ini masih membutuhkan proses peningkatan hak dan sertifikat sebelum proses perizinan lebih lanjut. Keuntungannya Anda dapat melakukan negosiasi pembayaran dengan jangka waktu yang lebih panjang. Karena proses sertifikatnya juga membutuhkan waktu Urbaners.

SERTIFIKAT HAK MILIK (SHM)

Sertifikat model ini mempercepat proses kepemilikan dan perizinan. Setidaknya, tidak perlu melewati proses sertifikasi lahan dan nom sertifikasi ke Sertifikat Hak Milik. Dengan berbeda-bedanya perizinan di tiap daerah, karena beberapa mewajibkan lahan bersertifikay HGB (Hak Guna Bangunan).

SERTIFIKAT HAG BANGUNAN (SHGB)

Tanah ini bersifat sementara dengan jangka waktu tertentu. Kendati demikian, tanah jenis ini dapat dinaikkan haknya menjadi SHM. Keunggulan memiliki sertifikat ini adalah status kepemilikan yang lebih pasti dan perizinan pun tak membutuhkan waktu lama. Apalagi bila pemerintah daerah setempat memberlakukan kewajiban lahan bersertifikat HGB.

Demikian jenis-jenis tanah yang perlu Anda pahami Urbaners. Semoga bermanfaat!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.