Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Mengintip Canggihnya Robot Mantadroid buatan Universitas Nasional Singapura

Mengintip Canggihnya Robot Mantadroid buatan Universitas Nasional Singapura

Urbanloka.com – Peneliti dari universitas nasional singapura (NUS) telah menciptakan robot manta ray yang mampu berenang lebih cepat dan lebih lama dari kendaraan bawah laut otonom lainnnya. Dijuluki ‘mantadroid’, robot air bergerak dengan kecepatan dua kali panjang tubuhnya, menyamai 0,7 meter per detik – dan mampu beroperasi tanpa henti hingga 10 jam.

Robot ini meniru hingga gaya renang unik  dari hewan laut tersebut, Ia dengan mudahnya meluncur dengan mengepakkan sirip dada seperti manta asli.

‘Tak seperti robot bawah laut lainnya yang mereplikasi kinematika, manta ray menggunakan beberapa motor penggerak untuk mencapai aktuuasi aktif di sepanjang siripnya. Mantadroid hanya didukung oleh satu motor listrik pada setiap sirip.

Kami kemudian membiarkan fleksibilitas pasif dari sirip yang berinteraksi secara alami dengan dinamika fluida air yang dapat mendorong gerakan selanjutnya, “jelas profesor yeo khoon seng, dan memimpin tim peneliti di jurusan teknik mesin di NUS.

Memiliki Panjang 35 cm, lebar 63 cm dan berat 0,7 kg, sirip robot manta ray terbuat dari lembaran PVC. Penggantian pendorong berbasis baling-baling ini terhubung ke bodi datar dan lebar yang dapat mengakomodasi sensor untuk studi kelautan, serta data hidrografi dan operasi pencarian lainnya.

Dengan fitur serta kinerja dan kemampuannya, kehadiran ‘mantadroid’ diharapkan dapat menjadi robot yang membantu penelitian bawah laut masa depan.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.