Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Miliki Hunian Sendiri Setelah Menikah, Ini Tipsnya Urbaners!

Miliki Hunian Sendiri Setelah Menikah, Ini Tipsnya Urbaners!

Urbanloka.com – Setelah menikah akan tinggal dimana Urbaners? Bagi Anda yang tengah menabung keras untuk memiliki hunian sendiri. Ikuti tips ini untuk mengatur keuangannya.

TERBUKA ATAS KONDISI FINANSIAL MASING-MASING

Salinglah terbuka terhadap kondisi keuangan masing-masing Urbaners. Perhitungkan Apakah pendapatan kalian berdua nantinya cukup untuk membayar cicilan rumah atau tidak? Jika tidak, Anda dan pasangan perlu mencari sumber pendapatan lain untuk menambah pemasukan keluarga. Entah itu bekerja paruh waktu atau berbisnis.

CERMAT HITUNG PENGELUARAN BULANAN

Susun total kebutuhan perbulan dalam bentuk tabel yang berisi tanggal, nama kebutuhan, dan biaya yang dihabiskan per bulan. Sehingga Anda dan pasangan lebih mudah mengoreksi poin-poin pengeluaran yang dianggap terlalu berlebihan.Jadikan anggaran bulanan sebagai pedoman untuk berbelanja, agar pengeluaran rumah tangga menjadi lebih stabil.

KURANGI PENGELUARAN TIDAK PERLU

Kurangi kebiasaan yang tidak perlu, misalnya nongkrong-nongkrong di kedai kopi, atau ke salon. Hal ini bisa disiasati dengan meracik kopi sendiri di rumah, ataupun melakukan perawatan secara mandiri Urbaners.

MANFAATKAN KPR

Cara yang cukup efektif untuk bisa segera memiliki rumah adalah dengan mengajukan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). KPR boleh dikatakan menguntungkan karena uang cicilannya cenderung lebih rendah. Selain itu, jangka waktu pelunasan juga lebih lama, bisa mencapai 10 – 15 tahun, bahkan tidak sedikit yang menawarkan cicilan hingga 20 tahun.

SIAPKAN DP

Sebelum developer menyerahkan kunci rumah, Anda dan pasangan perlu membayar uang muka atau DP (down payment) terlebih dahulu. Persentase DP yang dibayarkan bervariasi, mulai dari 5 persen hingga 25 persen dari harga beli. Misalnya harga rumah Rp 300 juta, maka DP yang perlu disiapkan sebesar Rp 75 juta. Setelah DP lunas, Anda dan pasangan tinggal membayar cicilan per bulan hingga cicilan lunas. Agar cicilan per bulan rendah, bayarkan DP yang lebih besar daripada persentase yang ditentukan oleh developer.

Demikian tips, semoga bermanfaat Urbaners. Ayo wujudkan membeli hunian impian sendiri.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.