Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Mobil Kokoh yang Dirancang Khusus untuk Berbagai Keadaan Darurat

Mobil Kokoh yang Dirancang Khusus untuk Berbagai Keadaan Darurat

Urbanloka.com – Truk pengiriman yang  dirancang untuk dapat dengan mudah dibongkar dan dikemas hanya dalam waktu di bawah 12 jam. Truk OX ini diciptakan oleh seorang insinyur otomotif Gordon Murray untuk Global Vehicle Trust (GVT). Bertujuan untuk memberikan transportasi yang lebih baik bagi daerah terpencil Afrika dan negara berkembang lainnya untuk kehidupan sehari-hari dan dalam keadaan darurat.

Sumber Foto: dezeen

Sumber Foto: dezeen

Karena berstandar internasional, persyaratan utama kendaraan ini adalah mudah dalam hal pengangkutan. Mobil Murray ini bersifat packable, yang mana truk dapat dilipat sedemikian rupa. GTV mengklaim bahwa ialah mobil pertama yang dapat melakukan hal tersebut.

Sumber Foto: dezeen

Sumber Foto: dezeen

Menurut GVT, dibutuhkan tiga orang dalam kurun waktu kurang dari enam jam untuk membuat paket pengirimannya di inggtis. Ketika GVT telah tiba di tempat tujuan, perusahaan profesional lokal akan merakitnya, dan menggunakannya.

“Desain Gordon Murray untuk OX sangatlah revolusioner,” ungkap GVT. “Format flat-pack fundamental mengubah cara pembelian dan pengangkutan kendaraan, yang tentunya memberikan keuntungan tertentu dalam pembiayaan unit secara keseluruhan.”

Sumber Foto: dezeen

Sumber Foto: dezeen

Selain mempermudah transaksi, truk OX harus juga dapat mengatasi medan yang sulit dan cocok untuk tugas-tugas sulit dalam persediaan air minum atau mengangkut bahan bangunan. Mobil ini dapat membawa hingga 1.900 kilogram kargo, dan memiliki cukup ruang untuk menampung hingga 13 orang.

Dalam kabin, pengemudi duduk ditengah, dengan penumpang di kedua sisinya. Tata letak ini mengakomodasi hukum jalan di berbagai negara, di mana menjadi berbeda-beda kebijakan driver duduk untuk duduk di sebelah kiri ataupun sebelah kanan.

Sumber Foto: dezeen

Sumber Foto: dezeen

Bak truk memiliki engsel pada bagian belakangnya yang dapat terlepas sepenuhnya dan diputar memanjang untuk membuat loading ramp. Frame dari bangku tempat duduk dapat dihapus dari kendaraan dan digunakan di bawah roda untuk membantu mobil tetap berjalan pada medan tanah yang lunak.

GVT Kini tengah mencari dukungan keuangan untuk menyelesaikan pengujian dan menempatkan kendaraan tersebut ke dalam bagian produksi.

Sumber Foto: dezeen

Sumber Foto: dezeen

Arsitek dan desainer berfokus pada masalah yang dihadapi orang-orang pada negara berkembang, khususnya di tengah krisis pengungsian yang tengah berlangsung.

Dalam nada yang sama dengan truk OX, Ikea menciptakan tempat penampungan flat-pack untuk menyediakan perumahan darurat.

Baru-baru ini, sekelompok mahasiswa dari London Royal College of Art juga merancang sebuah mantel prototipe untuk pengungsi yang dapat berubah menjadi sebuah tenda atau kantong tidur :O

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.