Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Mobil Sampah Otomatis Volvo-Renova, Cocok Untuk Jakarta?

Mobil Sampah Otomatis Volvo-Renova, Cocok Untuk Jakarta?

Urbanloka.com – Truk Volvo telah bekerja sama dengan perusahaan manajemen limbah Swedia Renova untuk menguji sebuah truk sampah otomatisnya. Truk sampah ini dapat berjalan sesuai rute yang telah ditentukan sebelumnya dan akan menyetir dirinya sendiri dari satu tong sampah ke tong sampah lain.

Volvo sendiri mengatakan kalau metode sistem otonom pada truk sampah ini mampu mengurangi resiko kecelakaan dan emisi kendaraan.  Karena truk sampah ini telah bisa menyetir diri sendiri, pemungut sampah yang biasanya harus bolak-balik menyetir dan sekaligus mengambil tong sampah di depan rumah-rumah, kini hanya perlu mengambil tong sampahnya saja Urbaners, karena mobil akan secara otomatis menavigasi jalan menuju rumah-rumah yang dituju.

Meskipun statusnya autonomus, faktanya tetap akan ada petugas sampah yang keluar dan mengambil sampah. Jadi jalan atau tetap berhentinya truk dalam suatu pemberhentian akan tergantung kepada petugas tersebut, enaknya mungkin kini petugas tidak perlu menyetir ataupun memindahkan mobil di setiap rumah.

Cara kerja truk pun sangat unik, untuk rumah yang letaknya paling ujung. Truk dapat berjalan mundur, memudahkannya untuk keluar ketika pengangkutan sampah selesai Urbaners.

Volvo sendiri mengatakan Truk ini tak akan mengalami kesulitan untuk berjalan kearah manapun  arena telah menggunakan teknologi otomatis yang canggihl, tak hanya itu truk ini juga dilengkapi dengan teknologi sensor dan laser yang canggih, truk ini dapat secara otomatis merespon dengan cepat jika ada halangan di depan truk. Truk ini juga diprogram untuk berjalan se-efisien mungkin agar bahan bakar yang digunakannya tidak boros.

Volvo mengatakan kalau program uji coba ini akan berlangsung selama tahun 2017 sampai akhir tahun 2017 nanti. Uji cobanya sendiri dilakukan di pinggiran kota Gothenberg, Swedia. Masih belum ada informasi lagi dari Volvo mengenai kelanjutan truk sampah otonom ini setelah tahun 2017.

Kapan ya kira-kira truk sampah canggih ini dapat dimplementasikan di Indonesia ? Berikut tampilan truk dari berbagai sudutnya Urbaners.

Lebih banyak tentang video truk sampah canggih ini pada video berikut Urbaners.

Sumber: Volvo

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.