Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Olah Keuangan dengan Berbisnis, Ketahui Strategi Penetapan Harga Berikut Ini

Olah Keuangan dengan Berbisnis, Ketahui Strategi Penetapan Harga Berikut Ini

Urbanloka.com – Ketika memulai brand, Anda akan dihadapkan dengan pemberian harga pada barang. Strategi penetapan harga sendiri bertujuan untuk mendapatkan keuntungan, merebut pangsa pasar, menjaga kelangsungan hidup perusahaan tersebut serta return on investment. Nah, Berikut dibawah ini strategi pemberian harga pada produk baru Urbaners. Apa sajakah itu? Check it out!

SKIMMING PRICE

Strategi skimming adalah menetapkan harga awal dengan harga tinggi ketika produk baru diluncurkan dan semakin lama produk akan terus turun harganya.

PENETRATION PRICE

Strategi harga penetrasi adalah menentukan harga awal yang rendah serendah-rendahnya dengan tujuan penetrasi pasar dengan cepat dan juga membangun loyalitas merek dari pada konsumen.

PRESTIGE PRICING

Strategi harga prestige price adalah menetapkan harga yang tinggi demi membentuk image kualitas produk tinggi yang umumnya dipakai untuk produk shopping dan specialty.

ODD PRICING

Strategi harga odd price adalah menetapkan harga yang ganjil atau sedikit di bawah harga yang telah ditentukan dengan tujuan secara psikologis pembeli akan mengira produk yang akan dibeli lebih murah. Contoh : Barang yang tadinya dihargai Rp. 100.000,- diubah menjadi Rp. 99.990,- di mana konsumen mungkin akan melihat 99.990 jauh lebih murah daripada Rp. 100.000,-.

MULTIPLE UNIT PRICING

Strategi harga multiple unit price adalah memberikan potongan harga tertentu apabila konsumen membeli produk dalam jumlah yang banyak.

PRICE LINING

Strategi harga lining pricing adalah memberikan cakupan harga yang berbeda pada lini produk yang beda. Contoh: bioskop grup 21 memberikan harga standar untuk konsumen bioskop jenis standard dan mengenakan harga yang lebih mahal pada konsumen bioskop 21 jenis premier.

LEADER PRICING

Strategi harga leader price adalah menetapkan harga lebih rendah daripada harga pasar atau harga normal untuk meningkatkan omset penjualan.

STRATEGI DISKON

Strategi harga diskon pada penjual adalah strategi dengan memberikan potongan harga dari harga yang sudah ditetapkan demi meningkatkan penjualan suatu produk barang atau jasa.

RELATIVE PRICING
Strategi harga relative price adalah menentukan harga di atas, di bawah atau sama dengan tingkat harga persaingan di mana gerakan harganya mengikuti gerakan pesaing.

FOLLOW THE LEADER PRICING
Strategi harga follow the leader price adalah penetapan harga produk baik barang maupun jasa diserahkan para pimpinan pasar dan tidak menetapkan harga sendiri.

Demikian tips, selamat berbisnis urbaners! Semangat!

Sumber: dari berbagai sumber

 

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.