Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Oleo Furan Surfactant, Sabun yang 100% Ramah Lingkungan

Oleo Furan Surfactant, Sabun yang 100% Ramah Lingkungan

Urbanloka.com – Entah itu sabun tangan, sampo, cairan pencuci piring atau deterjen cucian, sebagian besar sabun yang biasa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari kerap mengandung bahan pembersih berbasis minyak bumi dan tidak ramah lingkungan karena terbuat dari bahan kimia yang sulit terurai dan dapat mencemari lingkungan. Permasalahan global ini mendorong tim ilmuwan internasional untuk membuat molekul sabun baru yang dibuat dari sumber terbarukan yang dapat mengurangi jumlah zat kimia pada produk pembersih.

Sabun baru ini dikembangkan oleh sebuah konsorsium yang dipimpin oleh University of Minnesota. Menggabungkan bahan biodegradable terbarukan seperti asam lemak dari kedelai atau kelapa, bersama dengan gula dari jagung, untuk membentuk molekul sabun yang dikenal sebagai oleo-furan-surfactant (OFS).

OFS teruji dapat bekerja dengan baik ketika digunakan bersama air sadah (air dengan kandungan mineral tinggi). Sementara ketika sabun biasa bertemu dengan air sadah, biasanya sabun tak bisa berbuih dan menjadi lengket. Untuk mengatasi masalah ini, produsen menambahkan bahan kimia tambahan untuk mengikat mineral-mineral pada air sadah dan menghalanginya bercampur dengan molekul sabun. Cara ini membuat produk pembersih biasa memiliki lebih banyak bahan kimia yang bisa berbahaya bagi lingkungan.

Sebaliknya, OFS menyingkirkan masalah air sadah dengan menggunakan bahan dari sumber alami yang tidak mengikat mineral terlalu kuat. Peneliti juga menemukan bahwa OFS membentuk misel yang penting dalam proses pembersihan, bahkan dalam lingkungan air sadah tingkat tinggi.

Kinerja sabun OFS bahkan lebih baik dibanding sabun biasa Urbaners, karena lebih unggul dalam hal biodegradasi yaitu kemampuan membersihkan dan memproduksi buih. Hal ini dikarenakan OFS terbuat dari rantai karbon dari kedelai dan kelapa, keduanya merupakan molekul sabun yang sempurna. Teknologi tersebut kini tengah dalam produksi lebih lanjut oleh perusahaan spin-off berbasis Minnesota Sironix Renewables.

Sumber: University of Minnesota

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.