Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Desain Minimalis & Pemaksimalan Luas Apartemen Terbatas untuk Keluarga Kecil

Desain Minimalis & Pemaksimalan Luas Apartemen Terbatas untuk Keluarga Kecil

Urbanloka.com – Arsitek Australia Nicholas Gurney memanfaatkan furnitur yang dirancang khusus di bengkel tukang kayu, dan partisi geser pembagi hunian untuk memaksimalkan ruang terbatas pada apartemen seluas 24 meter persegi di Sydney ini Urbaners. Yuk kita simak seperti apa lengkapnya.

Dirancang oleh Gurney. Rumah yang cocok untuk pasangan penganti baru ini direnovasi dari sebuah apartemen kecil di Sydney.

Memastikan masing-masing barang milik klien memiliki tempat di apartemen berukuran minimalis ini, Gurney mengikuti metode organisasi Jepang yang dikenal dengan 5S. Apa itu Prinsip 5S

  • Seiri (Ringkas) : Membedakan antara yang diperlukan dan yang tidak diperlukan serta membuang yang tidak diperlukan: “Singkirkan Barang-barang yang tidak diperlukan dari hunian”
  • Seiton (Rapi): Menentukan tata letak yang tertata rapi sehingga kita selalu menemukan barang yang diperlukan: “Setiap barang yang berada di tempat kerja mempunyai tempat yang pasti”
  • Seiso (Resik): Menghilangkan sampah kotoran dan barang asing untuk memperoleh hunian yang lebih bersih.
  • Seiketsu (Rawat):  Memelihara barang dengan teratur rapi dan bersih juga dalam aspek personal dan kaitannya dengan polusi.
  • Shitsuke (Rajin): Melakukan sesuatu yang benar sebagai kebiasaan

Lima prinsip ini bertujuan untuk mendorong penggunaan ruang yang lebih efisien Urbaners.

Para klien hunian kemudian diminta untuk menyusun daftar barang-barangnya sehingga penyimpanannya dapat didesain dengan semaksimal mungkin.

Apartemen 5S ini mempertahankan prinsip hidup dengan lebih sedikit barang. Desain yang digunakan untuk menyortir dengan baik barang mana saja yang benar-benar digunakan dan mana yang tidak pada hunian.

Menyediakan penyimpanan yang cukup. Bengkel tukang kayu bekerjasama dengan Nicholas Gurney untuk mendesain berbagai furnitur, dalam rangka efektifitas keseluruhan estetika.

Untuk memaksimalkan efisiensi dapur, pada apartemen ini area ‘basah’ dan ‘kering’ sengaja dipisah. Dimana area dapur kering berada di dekat area hiburan sementara area basahnya lebih tersembunyi dari kawasan tamu Urbaners.

Dinding yang dapat dilipat dan transparan membelah kamar tidur dan ruang tamu membiarkan cahaya dan udara meresap diantaranya. Dinding ini sendiri juga memiliki layar televisi datar yang dapat berputar 180 derajat sehingga dapat dinikmati dari kedua ruang, kapanpun dibutuhkan.

“Tema utama Desain memang mengangkat dimensi ruang serta memberikan kualitas hidup yang cukup bagi para penghuninya,” Ungkap Gurney.

Kehidupan ruang kecil telah menjadi norma di kota-kota besar dengan layout inventif dan hemat ruang. Contoh lainnya adalah pada apartemen kota kecil di London yang melatih CIAO, yaitu prinsip yang memanfaatkan setiap inci ruang dengan furnitur hemat-ruang, sementara di Hong Kong, sebuah flat oleh Design Eight Five Two memiliki dinding geser minimalis sebagai pembagi antar ruangnya. Tertarik mengaplikasikannya pada hunianmu Urbaners?

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.