Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Percantik Interior Hunian dengan Pemanfaatan Tanaman-tanaman Indoor Ini Urbanersa

Percantik Interior Hunian dengan Pemanfaatan Tanaman-tanaman Indoor Ini Urbanersa

Urbanloka.com – Segarkan hunian dengan peletakan elemen ruang hijau pada bagian dalam hunian. Warna hijau dari tanaman dapat memanjakan mata sehingga ruangan menjadi lebih hidup. Dengan memilih tanaman yang sesuai serta penambahan pelengkap lainnya, ruangan Anda dapat menjadi lebih indah. Apa saja tanaman yang cocok sebagai tanaman indoor dan pelengkap lain yang diperlukan?

Tanaman indoor umumnya adalah tanaman yang dapat hidup dengan cahaya matahari terbatas. Bahkan, ada tanaman yang warna daunnya akan lebih mengkilap bila diletakkan dalam ruangan. Tanaman yang dapat dipilih adalah Aglaonema constatum atau aglaonema siam aurora, berbagai jenis palem, sanseviera, dracena sanderiana, philodendron, sphatiphyllum.

Sebaiknya pilihlah tanaman yang tidak terlalu membutuhkan cahaya matahari. Tanaman seperti suplir atau kuping gajah merupakan tanaman yang tidak membutuhkan banyak sinar atau cahaya.

Bisa juga gunakan tanaman bunga sebagai penyegar suasana. Gunakan media oase seperti gabus atau busa sebagai pengganti tanah. Tanaman yang cocok misalnya Siri Belanda, Sri Rejeki dan Kayu Besi.

Tanaman yang diletakkan dalam ruangan juga berfungsi sebagai anti polutan, artinya tanaman ini dapat menghilangkan pencemaran udara atau gas beracun yang berada di ruangan dengan cara menyedotnya kemudian menggantikannya dengan udara segar.

Hal ini sangat berguna, karena polutan tidak hanya berasal dari asap kendaraan atau asap pabrik yang berasal dari ruangan, tetapi juga dapat berasal dari dalam ruangan seperti polutan dari bahan pembersih, asap rokok, furniture, cat, lem, dan lainnya. Dampak dari polutan adalah dapat menyebabkan penyakit seperti radang tenggorokan, iritasi kelenjar mulut, gangguan pernapasan, sakit kepala, alergi kulit, mata, bahkan dapat menjadi pemicu kanker hati.

Untuk menambah fungsi estetika dari tanaman, Anda dapat menggunakan pot yang cantik dan sesuai dengan tanaman. Pot tanaman umumnya terbuat dari plastik atau tanah liat. Pot dari plastik akan menjaga kelembapan dan suhu tanah lebih lama. Sedangkan pot dengan bahan baku tanah liat dapat membuat kelembapan dalam keadaaan normal. Pot tanah liat juga memiliki pori-pori yang dapat mengeluarkan kelebihan air.

Sementara untuk perawatannya lakukan hal-hal dibawah ini Urbaners:
Melakukan pemupukan secara rutin karena tanaman hanya memperoleh makanan dari pot yang terbatas.

  • Ganti pot secara teratur seiring bertumbuhnya tanaman agar ukuran pot tetap sesuai dengan ukuran tanaman.
  • Setiap seminggu atau 2 minggu sekali keluarkan tanaman agar mendapat sinar matahari selama 2 sampai 3 jam.
  • Pangkas daun-daun yang layu dan tua.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.