Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Perhatikan Dulu 3 Hal Ini Sebelum Anda Mengajukan KPR Urbaners!

Perhatikan Dulu 3 Hal Ini Sebelum Anda Mengajukan KPR Urbaners!

Urbanloka.com – Hingga kini KPR (kredit pemilikan rumah) masih menjadi pilihan utama masyarakat yang ingin memiliki rumah. Namun, tentu saja pengajuan KPR adalah komitmen jangka panjang, sehingga perlu persiapan matang.  Agar Anda tidak salah perhitungan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajukan KPR. Berikut tips-nya:

 

TENTUKAN PILIHAN RUMAH

Tentukan dahulu pilihan rumah, pilih hunian terbaik dengan mempertimbangkan pemilihan lokasi tempat tinggal. Dalam hal ini harga rumah di pusat kota—dengan spesifikasi yang sama—tentu lebih tinggi daripada di pinggiran kota. Setelah mengetahui harga rumah yang Anda inginkan. Anda dapat memperkirakan berapa dana yang dibutuhkan untuk pembayaran uang muka dan cicilan.

MEMILIH PENYEDIA KPR

Mulai lakukan survei penyedia fasilitas KPR, bandungkan kinerja dan reputasi penyedia KPR sebanyak mungkin agar Anda dapat membandingkan berapa bunga dan cicilan yang harus Anda bayar. Jangan lupa menanyakan kemudahan atau bantuan yang bisa Anda dapatkan selama proses kredit pembelian rumah Urbaners.

MULAI BERINVESTASI

Pengajuan KPR tentunya membutuhkan perencanaan matang, karena masa tenor umumnya dapat berlangsung selama puluhan tahun. Uang muka sendiri biasanya berkisar antara 20% – 30% dari harga rumah, sisanya harus dicicil selama masa tenor. Perlu diingat, dana yang dibutuhkan untuk membayar uang muka dan cicilan tidak sedikit, sehingga Anda harus menabung atau mulai berinvestasi untuk melipatgandakan uang Anda. Pilihlah investasi yang minim risiko dan berjangka pendek: satu atau dua tahun, hingga terkumpul dana untuk membayar uang muka pembelian rumah.

Investasi emas dapat menjadi pilihan investasi jangka pendek yang tepat. Cara ini sangat cocok jika gaji Anda per bulan berkisar antara Rp. 5 juta sampai Rp. 7 juta. Namun, jika Anda ingin memastikan kemapanan cash flow dalam rekening tabungan Anda, Anda dapat memilih investasi jangka panjang, seperti deposito. Demikian Info, semoga bermanfaat Urbaners!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.