Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Persiapan Hunian Agar Tetap Nyaman Menghadapi Musim Hujan

Persiapan Hunian Agar Tetap Nyaman Menghadapi Musim Hujan

Urbanloka.com – Musim hujan telah tiba. membuat udara menjadi terasa lebih bersih, cuaca terasa sejuk dan teduh, dan tanaman-tanaman tampak lebih hijau dan segar. Namun sayangnya dibalik kenyamanan tersebut, ada beberapa hal yang dapat menjadi kendala saat hunian Anda belum siap menghadapi datangnya musim hujan. Agar hunian tetap terasa nyaman dan aman sebagai tempat berlindung saat musim hujan datang, lakukan beberapa hal berikut ini.

Bersihkan Selokan

Jika terdapat selokan di dekat hunain Anda, maka sangat penting untuk memastikan bahwa aliran air di selokan tersebut mengalir dengan lancar. Bersihkan selokan tersebut jika terdapat sampah yang dapat menyumbat aliran air di dalamnya.

Jaga Hunian Tetap Kering

Menutup seluruh pintu dan jendela sepanjang hari bukanlah hal yang disarankan selama musim hujan. Hunian yang selalu tertutup justru akan terasa lembab dan udara di dalamnya pun terasa tidak segar. Tutup pintu dan jendela saat hujan sedang mengguyur. Namun saat hujan sudah berhenti buka pintu dan jendela agar sirkulasi udara di dalam hunian Anda berjalan lancar.

Potong Rumput

Cuaca di saat musim hujan memang terasa menyenangkan, tidak hanya manusia yang menyukainya, binatang di sekitar hunian Anda pun bisa keluar dari sarang persembunyiannya dan ikut menikmati cuaca saat musim hujan. Oleh karena itu pastikan keadaan rumput di sekitar hunian Anda selalu rapi dan bersih. Jangan biarkan rumput yang sudah tumbuh terlalu tinggi karena bisa jadi katak dan ular dapat muncul di halaman hunian Anda.

Periksa Atap

Atap adalah salah satu bagian dari hunian yang berperan penting untuk melindungi Anda dan keluarga saat hujan datang. Adanya kerusakan atau sekedar retakan kecil di atap dapat mengganggu kenyamanan Anda dan keluarga saat hujan datang. Oleh karena itu sangat penting untuk memeriksa kondisi atap saat menjelang musim hujan. Mintalah bantuan ahli untuk memperbaiki atap jika ditemukan kerusakan yang tidak dapat Anda perbaiki sendiri.

Periksa Dinding

Dengan intensitas hujan yang semakin sering, maka udara di sekitar hunian Anda bisa menjadi semakin basah dan lembab. Oleh karena itu periksa dinding bangunan untuk menemukan adanya kerusakan atau retakan, baik di bagian luar maupun di bagian dalam. Adanya retakan di dinding dapat memicu kelembapan yang dapat menimbulkan masalah lain.

 

Periksa Listrik

Listrik dan air bukanlah hal yang baik untuk dipertemukan. Untuk mencegah terjadinya korsleting listrik, periksa kondisi instalasi listrik di hunian Anda. Cek apakah ada kabel yang terkelupas atau sambungan yang terputus demi keamanan Anda dan keluarga.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.