Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Produk IKEA yang Dianggap Membahayakan Balita ini Ditarik dari Pasaran

Produk IKEA yang Dianggap Membahayakan Balita ini Ditarik dari Pasaran

Urbanloka.com – Rak laci keluaran perusahaan mebel IKEA ditarik dari pasar lantaran dianggap berbahaya bagi anak. Sebanyak nyaris 36 juta rak laci tipe MALM dan tipe lainnya yang dipasarkan di AS dan Kanada ditarik, Penarikan kembali itu meliputi enam model lemari rak dan meja rias yang diproduksi sekitar tahun 2002-2016. Setelah selesai dirundingkan oleh Komite Keselamatan Produk Konsumen AS (CPSC) yang mengatakan rak laci tipe ini memang tak aman bagi anak kecil.

landscape-1437585824-ikea
Hingga saat ini, total ada enam anak-anak yang meninggal dunia akibat tertimpa rak laci MALM yang dikatakan mudah roboh dan terjungkal. Padahal, menurut manual pembuatannya, rak laci tersebut memang harus ditempelkan ke dinding agar aman. Dari enam kasus yang menelan nyawa anak-anak di AS itu, semuanya melibatkan rak laci MALM yang tidak ditempel ke dinding. Namun, tetap saja pihak CPSC menganggap produk tersebut berbahaya. 1478557582-1478534993-anchor-it-infographic

“Tentu sangat berbahaya memiliki rak laci yang tak menempel ke dinding seperti itu, apalagi jika ada anak-anak kecil di rumah,” ungkap Kepala CPSC Elliott Kaye. Kaye juga memperlihatkan ilustrasi kecelakaan yang dapat diakibatkan oleh rak laci MALM.

1467129894-1467127748-062816-recall-wide-v2

Sebuah boneka yang diandaikan sebagai seorang anak yang tengah bergantung pada sebuah rak laci MALM, diperlihatkan jatuh ditimpa rak laci itu. Juru bicara IKEA, Kajsa Johansson, kembali meyakinkan bahwa produk-produk rak lacinya tidak akan menjadi masalah jika ditempelkan ke dinding. “Sebab produk-produk kami yang serupa tidak menimbulkan masalah apapun di negara-negara lain,” ujar Johansson.

Sejak 1989, IKEA telah menerima 41 laporan terkait kecelakaan yang disebabkan oleh produk rak dan lemarinya, termasuk yang menyebabkan cedera hingga meninggal dunia.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.