Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

R-House: Konsep Rumah Beton Kontemporer Karya Budi Pradon di Depok

R-House: Konsep Rumah Beton Kontemporer Karya Budi Pradon di Depok

Urbanloka.com – R-House karya arsitek Budi Pradon yang mengutamakan konsep mutualisme. Budi memadukan antara potensi dari kontur lahan, dan memanfaatkan pergerakan cahaya matahari serta pemaksimalan unsur air dengan pengolahan bentuk dan susunan ruang.


Rumah Roni Aidil yang berlokasi di Tanah Baru, Depok ini memiliki lahan seluas 1701 m² dengan kontur yang tidak beraturan. Karenanya budi kemudian memanfaatkan seluruh bagian muka lahan untuk ruang-ruang publik seperti ruang tamu, kamar tidur tamu dan garasi sedangkan bagian belakangnya digunakan untuk area privat.

Halaman belakang yang luas ini sendiri didesain menjadi taman dan kolam renang, sementara jalan penghubung antara bagian muka dan belakang hunian, didesain dengan konsep inner courtyard semi terbuka. Lantai atasnya didesain sebagai ruang bersantai lengkap dengan kursi khas Betawi untuk tamu yang dapat diakses melalui tangga luar Urbaners.

Arsitek menghadirkan kesan bayangan pada hunian melalui lubang-lubang cahaya pada langit-langitnya, hal ini sekaligus memaksimalkan sirkulasi udara segar ke dalam area rumah. Hal ini juga diterapkan pada kamar tidur utama dan selasar hunian sehingga penghuni rumah dapat merasakan perubahan cuaca dari pagi hingga malam tiba Urbaners.

Menariknya, Arsitek menempatkan kolam ikan beragam ukuran di dalam juga sekeliling bangunan. Sementara kolam renangnya malah berada di halaman belakang.

Hasilnya, jika dilihat dari denah, hunian dengan luas terbangun 796 m² ini seolah-olah “terapung” di atas “danau”. Namun hal ini memang sengaja diselaraskan dengan hobi pemilik rumah yang senang bertualang dan mencoba hal-hal baru Urbaners. Berikut dibawah ini detail interior hunian dalam bentuk gambar.

 

Ini dia denah huniannya Urbaners, sungguh sangat menarik bukan? Tertarik menerapkannya pada hunianmu?

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.