Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Robocop Polisi: Penjaga Keamanan Canggih di Dubai

Robocop Polisi: Penjaga Keamanan Canggih di Dubai

Urbanloka.com – Robot kini semakin membantu kehidupan manusia, seperti robot keamanan di Dubai. Terinspirasi dari versi film, polisi robot ini juga diberi nama “Robocop”. Warga kota Dubai, Uni Emirates Arab tak lama lagi akan jadi saksi kemunculan polisi robot pertama di dunia. Polisi robot Dubai ini akan mulai beroperasi secara sederhana dengan berpatroli di jalanan Dubai.

Robocop diciptakan untuk membantu warga di jalan. Robocop Dubai ini bekerja membantu warganya dengan membaca ekspresi wajah. Sementara untuk berinteraksi dengan manusia, ia dilengkapi dengan tablet layar sentuh. Tugas lain yang akan diemban oleh polisi robot Dubai adalah menjadi  perantara membayar denda tilang, melalui mesinnya yang memiliki tablet built-in sehingga orang bisa menggunakannya juga untuk melaporkan kejahatan.

Pertama kali diluncurkan pada 2015, robot ini berukuran sama dengan manusia dengan berat 100 kg dan tinggi 165 cm. Sebagai alat gerak, ia menggunakan roda sehingga kemungkinan dapat bergerak lebih cepat ketimbang robot yang memakai kaki.

Menakjubkannya Kemampuan Robocop ini sangat luar biasa dengan menguasai enam bahasa dan dirancang memiliki ekspresi wajah. Dubai menjadi kota pertama yang akan memanfaatkan tenaga robot sebagai penjaga ketertiban warganya. Pada 2030 diperkirakan seperempat dari total pasukan polisi Dubai berupa robot.

Tren automasi di kehidupan sehari-hari manusia mulai terlihat belakangan. Contoh tersukses dari upaya manusia merangkul kecerdasan buatan ke aktivitas manusia ada di bidang pelayanan restoran, kendaraan swakemudi, dan asisten rumah tangga seperti Amazon Echo dan Google Home.

“Peluncuran Robocop operasional pertama di dunia merupakan tonggak sejarah yang signifikan bagi Emirat dan sebuah langkah untuk mewujudkan visi Dubai untuk menjadi pemimpin global dalam adopsi teknologi untuk perkotaan,” ungkap Direktur Jenderal Pelayanan Cerdas dengan Kepolisian Dubai Brigadir Jenderal Khalid Nasser Al Razzouqi.

Ia menambahkan tujuan diciptakannnya robocop untuk membantu orang-orang yang berada di pusat perbelanjaan dan jalanan agar tercipta keamanan dan memerangi kejahatan Urbaners. Kapan ya teknologi robot ini masuk ke Jakarta. Simak video dibawah ini untuk lebih lengkapnya Urbaners.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.