Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Rumah Bunker 160m Rancangan Arsitek Portugis bernama Jose Carlos

Rumah Bunker 160m Rancangan Arsitek Portugis bernama Jose Carlos

Urbanloka.com – Jose Carlos Nunes de Oliveira dari studio NOARQ mendesainkan rumah di lahan seluas 160 meter persegi. Berlokasi di Matosinhos, Rumah dua tingkat ini didesain simple dan berbentuk unik seperti sebuah kubus. Simak lengkapnya berikut ini Urbaners!

Sengaja tidak banyak menggunakan banyak partisi di dalamnya. Meminimalkan biayanya, penyelesaian rumah ini dibuat sesimple mungkin. Termasuk dengan dinding beton ekspos tanpa finishing, ditambah dengan penggunaan material kayu.

Pada lantai dasarnya, terdapat ruang bersama seperti dapur, ruang makan, ruang tamu yang sekaligus menjadi ruang keluarga. Kubus kayu ditengah ruangan menjadi satu-satunya pembatas partisi dalam ruangan. Di dalam kubusan tersebut terdapat kamar mandi, rak buku dan televisi, rak penyimpanan dapur, serta tangga menuju ke lantai atas.

Sedangkan pada lantai atasnya terdapat tiga kamar tidur yang lantainya didesain dari material kayu sehingga memberikan kesan ruang yang nyaman. Jendelanya yang besar setinggi ruangan didesain agar cahaya dapat masuk ke dalam ruangan semaksimal mungkin. Selain itu juga akan menonjolkan elemen-elemen desain dari luar rumah.

Tangga kayu yang didesain built-in tersebut memisahkan ruang dapur dan ruang keluarga pada lantai dasar. Sedangkan tangga ini memisahkan ruang tidur utama dengan dua kamar tidur lainnya yang lebih kecil.

Demi memberikan kenyamanan dengan biaya terbatas, sang arsitek lebih memilih menginvestasikan biaya ke penerapan efisiensi energi pada bangunan daripada finishing pelingkup rumah.

Di rumah ini pun juga terdapat area basement yang digunakan sebagai ruang penyimpanan. Pada bagian outdoor rumah pun dilengkapi dengan taman terbuka yang mengelilingi rumah.

Arsitek sendiri membayangkan rumah ini tampak seperti mini bunker dan menerapkan material beton alami di luar dan dalam rumah sehingga material tersebut dapat menjadi komponen sistem insulasi panas dari luar ke dalam bangunan. Tertarik mengaplikasikannya pada hunian Anda Urbaners?

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.