Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Rumah Darurat Bencana Ini Dapat Dibangun Hanya Dalam Waktu 5 Menit

Rumah Darurat Bencana Ini Dapat Dibangun Hanya Dalam Waktu 5 Menit

Urbanloka.com – Penampungan yang dapat digunakan sebagai tempat berisitirahat, serta memungkinkan bantuan pertama bagi para pengungsi. HIngga kini terdapat puluhan juta pengungsi di seluruh dunia yang diakibatkan oleh konflik, penganiayaan, hingga bencana alam. Kebutuhan pnampungan sebagai solusi darurat benar-benar dibutuhkan saat ini.

Sumber Foto: Humanihut

Sumber Foto: Humanihut

Humanihut, startup dari Australia Selatan kemudian mengembangkan solusi penampungan darurat dengan sistem all-in-one selama sekitar tiga tahun belakangan, tak hanya menyediakan rumah dengan dinding dan atap untuk pengungsi serta korban bencana, tetapi termasuk juga kebutuhan pokok sebuah rumah lainnya, seperti toilet layak pakai, listrik, dan fasilitas laundry. Baca Juga: Steril Box, Kontainer Pertolongan Pertama untuk Berbagai Kondisi Darurat

Sumber Foto: Humanihut

Sumber Foto: Humanihut

16 tempat penampungan Humanihut masuk ke dalam wadah pengiriman standar, yang memungkinkannya diangkut dan dipindahkan dengan mudah menggunakan infrastruktur pengiriman yang ada, jalur darat, dan laut. Dengan menggunakan truk atau kapal laut. Serta dapat didirikan ulang hanya dalam waktu hitungan menit di masing-masing titik bencana.

“Solusi inovatif hemat biaya yang memiliki potensi untuk menyelamatkan kehidupan para penghuninya. Dengan menyediakan air bersih dan tempat tinggal, Humanihut membantu mencegah masalah kesehatan seperti penyakit malaria yang kerap membunuh ribuan pengungsi setiap tahunnya” – Neale Sutton, Humanihut

Setiap rumah berukuran panjang 7,3 meter dan tinggi 2,4 meter, termasuk panel surya di atap, kabel berkekuatan 110V outlet, meja, kursi, wastafel, pengolahan air panas. Rumah ini juga memungkinkan dekonstruksi secara cepat, hanya dalam waktu  sekitar 5 menit, sementara untuk seluruh sistem pada 16 tempat penampungan dan satu (fasilitas kebersihan) akan memakan waktu pembangunan sekitar 1,5 jam. Setiap unit dapat ditinggali hingga 6 orang, dan menawarkan keamanan, privasi, serta kenyamanan tak hanya untuk jangka pendek, tetapi juga jangka panjang.

Sumber Foto: Humanihut

Sumber Foto: Humanihut

Panel terisolasi diintegrasikan ke dalam dinding baja dan atap yang memungkinkan warga untuk mempertahankan suhu nyaman di kedua iklim panas dan dingin, dan konstruksi kuat unitnya yang diharapkan mampu membuat rumah ini bertahan hingga 20 tahun. Selain portabilitas dan ]penyebaran, keawetan rumah ini juga dapat memberikan keuntungan dalam mengurangi biaya organisasi kemanusiaan. Menurut Sutton, bila dibandingkan dengan tempat penampungan tenda, sistem Humanihut menawarkan yang terbaik dengan budget terhemat, karena mampu menghemat sekitar $ 70 juta per tahun (untuk sebuah kamp dari 50.000 orang).

Humanihut telah masuk dalam 100 daftar startup dunia paling berpengaruh, yang diakui karena memiliki potensi tinggi untuk mempengaruhi, mengubah, atau menciptakan pasar global yang lebih baik.

Sumber: dari berbagai Sumber

Submit a Comment