Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Solar Panel Tesla: Lebih Kuat dengan Tampilan Selaras Atap Rumah

Solar Panel Tesla: Lebih Kuat dengan Tampilan Selaras Atap Rumah

UUrbanloka.com –  Lewat Powerwall dan Powerpack, Tesla perlahan mewujudkan visinya akan sebuah ekosistem energi terbaharukan yang praktis sekaligus ramah lingkungan. Sejak awal mengembangkannya, Elon Musk selaku CEO Tesla sudah punya wacana untuk menyandingkan Powerwall dengan panel surya.

Kemudian Beberapa waktu lalu, akhirnya Elon Musk, Pendiri dan CEO Tesla, memperkenalkan atap rumah Tesla yang mampu menghasilkan energi listrik. Bersumber dari cahaya matahari. layaknya solar panel pada umumnya, namun yang berbeda adalah solar roof sama sekali tidak terlihat sebagai panel surya biasa. Bentuk dan tekstur nya justru menyerupai atap rumah biasa.

Desain Solar Roof sangatlah fungsional. Jika dilihat dari depan ataupun samping, Solar Roof terlihat seperti atap rumah biasa, namun jika dilihat secara tegak lurus dari atas, maka panel suryanya akan terlihat jelas Urbaners.

Elon Musk lebih lanjut mengatakan bahwa tingkat efisiensi dari Solar Roof miliknya adalah sekitar 98% dari panel surya biasa. Namun, Tesla sedang bekerjasama dengan 3M untuk meningkatkan tingkat efisiensinya agar sama bahkan lebih tinggi dari apa yang dicapai panel surya saat ini.

Solar Roof dapat dipesan dalam beberapa jenis model seperti Tuscan Glass Tile, Slate Glass Tile, Textured Glass Tile, dan Smooth Glass Tile. Dari segi harga, dengan menggabungkan fungsi Solar Roof dengan berkurangnya tagihan listrik rumah, maka harga operasionalnya akan menjadi lebih murah daripada atap rumah biasa.

Apalagi dari segi ketahanan, solar roof memiliki daya tahan 3 kali lebih lama. Selain memperkenalkan Solar Roof, Elon juga memperkenalkan Powerwall yang disebut dengan Powerwall 2.0. Sebuah kotak yang berisi baterai dengan kemampuan menyimpan daya sebesar 14 kWh. Powerwall 2.0 ini sendiri sangat cocok untuk dipasangkan dengan Solar Roof, sehingga rumah-rumah yang dilengkapi dengan keduanya dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan listriknya sendiri Urbaners.

Untuk Powerwall 2.0 dibandrol dengan harga US$ 5500 per unit dan akan mulai tersedia dalam beberapa minggu kedepan. Tertarik memilikinya Urbaners?  Lebih banyak tentang solar roof dapat dilihat pada video dibawah ini.

Sumber: Tesla via Electrek

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.