Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Support Pasangan yang Mengalami Masalah Mental Health dengan Cara Ini

Support Pasangan yang Mengalami Masalah Mental Health dengan Cara Ini

Urbanloka.com – Gangguan jiwa atau penyakit mental bisa menyerang siapa saja. Jika pasangan kemudian mengidap gangguan ini. Sebagai pasangan yang baik berikut ini hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk membantunya.

PAHAMI PENYAKITNYA

Pahami perbedaan penderita penyakit mental dengan orang yang hanya kesusahan biasa. Sangat penting bagi Anda untuk mempelajari bagaimana jenis gangguan jiwa pada pasangan muncul, apa yang dialaminya. Langkah apa yang seharusnya Anda ambil. Dengan begitu, Anda tahu bagaimana sebaiknya bersikap di hadapan pasangan Anda.

DENGARKAN

Dengarkan pasangan, namun sangat penting untuk tidak memaksanya berbagi masalah jika ia tidak menghendaki. Pada saat bercerita, pasangan akan membutuhkan keberanian dan kepercayaan agar ia tahu bahwa Anda tidak akan merendahkannya. Beri waktu padanya hingga ia siap membagi ceritanya.

JANGAN MENGINTERUPSI

Jadilah pendengar yang baik agar pasangan Anda tidak merasa disepelekan. Walaupun mungkin Anda tidak pernah mengalami hal yang serupa, akan lebih baik jika Anda tidak tetap diam dan bukan mengatakan Anda pernah mengalaminya. Tunjukkanlah simpati dan empati dengan mendengarkan ceritanya tanpa menghakimi dan menginterupsinya.

BIARKAN IA MANDIRI

Cara terbaik mendukung pasangan ketika ia mengalami gangguan mental adalah dengan menemaninya saat ia menjalani sesi terapi. Pasangan Anda tetap bertanggung jawab dengan kehidupan dirinya sendiri, mulai dari pekerjaan hingga jadwal terapisnya. Oleh karena itu, membiarkan pasangan tetap mandiri pun bagus, asalkan Anda tetap berada di sampingnya.

MENJAGA KEHARMONISAN HUBUNGAN

Habiskan waktu secara normal dengan pasangan, mulai dari mengungkapkan pujian serta rasa sayang layaknya pasangan biasa dapat membuat hubungan lebih positif. Jika terasa sulit, cobalah bicarakan hal ini pada ahlinya, seperti psikolog.

SAYANGI DIRI SENDIRI

Tidak jarang mendukung pasangan yang memiliki gangguan jiwa membuat Anda lupa dengan diri sendiri. Pada saat Anda terlalu fokus dengan pasangan Anda, kesehatan fisik dan mental Anda pun bisa menurun. Mulai dari sulit membagi waktu, mengurus diri sendiri dan keluarga, hingga kehilangan teman dapat terjadi ketika Anda tidak dapat menyeimbangkan hidup Anda. Sebab jika Anda tidak dapat menjaga diri sendiri, bagaimana Anda bisa mendukung pasangan? Anda juga bisa ikut komunitas serupa untuk mengatasi masalah ini.

Demikian tips, semoga bermanfaat!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.