Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Tanamkan Pada Anak Pentingnya Go Green Sejak Dini

Tanamkan Pada Anak   Pentingnya Go Green Sejak Dini

Urbanloka.com – Menumbuhkan perilaku eco-friendly atau sikap ramah lingkungan kepada anak sangatlah penting. Tidak hanya agar ia terpicu untuk menjaga dan mencintai bumi, ia juga akan belajar memahami bahwa lingkungan yang bersih tidak hanya nyaman bagi diri sendiri, namun juga orang lain di sekitarnya. Berkut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan, untuk mengajarkan anak pentingnya menjaga lingkungan.

HEMAT LISTRIK

Selalu matikan lampu, televisi, dan berbagai alat-alat elektronik, bahkan charge handphone setelah selesai menggunakannya. Ajak ia untuk turut melakukannya dan jelaskan jika semua benda itu menggunakan tenaga listrik yang besar. Jika ia ‘membuangnya’ begitu saja, listrik pun akan kehabisan tenaga, sehingga ia tidak bisa lagi menikmati fasilitas tersebut.

HEMAT AIR

Ajarkan anak untuk menggunakan air secukupnya dan membiasakan menutup keran saat ia sedang menyabuni tangannya agar air tidak terbuang percuma. Mungkin ia akan keberatan pada awalnya, tapi jika Anda terus mencontohkannya, ia pun akan mengikuti perbuatan Anda.

NAIK SEPEDA ATAU BERJALAN KAKI

Jika jarak sekolah tidak terlalu jauh dari rumah dan ia sudah bisa naik sepeda sendiri, tidak ada salahnya jika Anda mengajaknya bike to school. Anda juga dapat mengajaknya berjalan kaki ke sekolah sambil menikmati segarnya udara pagi. Lakukan hal yang sama saat mengajak ia pergi ke rumah temannya atau ke minimarket yang jaraknya masih cukup terjangkau. Selain lebih sehat, kegiatan ini juga akan mengurangi polusi udara yang terjadi akibat banyaknya penggunaan kendaraan bermotor.

BAWA TAS SENDIRI

Ketika pergi ke supermarket atau minimarket, biasakan untuk selalu membawa tas kain dari rumah untuk mengemas belanjaan Anda. Jelaskan padanya bahwa membawa tas sendiri akan mengurangi sampah plastik yang biasa diberikan oleh pihak supermarket atau minimarket untuk mengemas barang-barang belanjaan.

BAWA BOTOL MINUM

Selain membutuhkan biaya, terlalu sering mengonsumsi air dalam kemasan plastik juga tidak baik bagi kesehatan. Apalagi jika terbiasa membeli minuman-minuman yang dijual di pinggir jalan. Karenanya, ke mana pun Anda dan anak pergi, jangan lupa untuk membawa botol minuman sendiri. Pilihlah botol minuman yang BPAfree dan bergambar tokoh kartun favoritnya agar ia semangat saat Anda minta membawa botol minuman tersebut.

SEDIA TEMPAT SAMPAH

Tanamkan selalu kepadanya untuk membuang sampah pada tempatnya, dan ajarkan ia untuk menyimpan sampah terlebih dahulu di dalam kantung baju, celana, atau tas jika ia belum menemukan tempat sampah saat di luar rumah.

HARGAI ALAM

Buatlah ia jatuh cinta terhadap alam dan segala isinya sejak dini. Tidak selalu harus dengan mengajaknya berpetualang ke hutan atau mendaki gunung, cukup ciptakan suasana alam di halaman belakang rumah. Tanamlah berbagai jenis pohon dan bunga dan peliharalah hewan kecil. Ajari ia untuk menyiram semua tanaman dan memberi makan hewan serta membersihkan kandangnya.

Demikian tips mengajarkan anak pentingnya think and do green, semoga tips ini bermanfaat ya!

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.