Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Tiny House Movement di Seluruh Dunia yang Dapat Menginspirasi Hunian dengan Ukuran Terbatas

Tiny House Movement di Seluruh Dunia yang Dapat Menginspirasi Hunian dengan Ukuran Terbatas

Urbanloka.com – Wilayah pinggiran kota sesungguhnya menghadapi masalah yang sama dengan perkotaan, yaitu terbatasnya lahan, atau harganya yang kian meroket. Apalagi jika lokasinya strategis. Berikut ini beberapa tiny house di seluruh dunia yang mungkin akan menginspirasi Anda dalam membangun rumah di lahan terbatas.

PH LAVALLEJA, ARGENTINA

Terkenal sebagai salah satu kota terpadat dunia. Firma arsitektur CCPM Buenos Aires kemudian menawarkan desain rumah bergaya minimalis yang dapat dibangun di atas lahan terbatas. Terdiri dua lantai dengan dua kamar tidur. Atapnya yang miring agar bagian bawahnya dapat dimanfatkan sebagai ruangan. Sedangkan jendela dan teras unik dirancang untuk memaksimalkan pencahayaan alami.

MICROHOUSE, AMERIKA SERIKAT

Elizabeth Herrmann Architecture + Design membangun ruangan tanpa sekat dengan banyak jendela pada tanah seluas hanya 40 meter. Hal tersebut agar cahaya dapat maksimal masuk ke dalam rumah. Rumah unik ini dibangun untuk seorang seniman Vermont yang juga menjadi studio di atas lahan hanya 40 meter persegi.

STUDIO VILA OLIMPIA, BRAZIL

TRIA Arquitetura merancang sebuah interior menarik pada lahan berukuran hanya 27 meter persegi, di Sao Paulo. Partisi yang jadi pemisah antara ruang tidur dan ruang tamu berupa batako. Kamar mandinya diletakan di area belakang.

XIRONGXIAN HUTONG, TIONGKOK

OEU-ChaO ingin menunjukkan bahwa rumah tradisional Hutong atau salah satu rumah tradisional khas Tiongkok ini bisa juga disesuaikan dengan gaya hidup kontemporer. Rumah yang berdiri di atas lahan 32 meter persegi ini dirombak dengan cita rasa modern bagi keluarga muda.

TINY HOUSE, KOBE, JEPANG

Fujiwara Muro membangun rumah berlantai tiga di lahan seluas hanya 25 meter persegi. Dalam lahan terbatas ini terdapat atrium yang mambuat cahaya bisa masuk ke setiap lantai. Di dalam rumah, penyimpanan dengan built-in membantu penghuni membuat ruang tambahan.

Menarik semua ya! Lalu Mana, yang menginspirasi Anda Urbaners?

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.