Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image
Scroll to top

Top

No Comments

Tips Perencanaan Keuangan Terbaik Untuk Dana Pendidikan dan Darurat Si Kecil

Tips Perencanaan Keuangan Terbaik Untuk Dana Pendidikan dan Darurat Si Kecil

Urbanloka.com – Daftar ini akan membantu membimbing Anda tentang apa yang harus Anda lakukan untuk mengelola keuangan dengan benar. Khususnya untuk tabungan perguruan tinggi anak hingga pendanaannya dalam keadaan darurat.

Apalagi dengan ketakutan-ketakutan terhadap fakta bahwa biaya pendidikan universitas negeri selama 4 tahun diperkirakan akan melebihi $200.000 pada tahun 2030. Ayo ambil waktu sebanyak mungkin, mulai menabung dan berinvestasi sejak dini merupakan solusi terbaik untuk menghadapi biaya pendidikan anak yang akan kian membengkak.

Jangan menunggu hingga anak siap untuk bersekolah baru mulai bingung mempersiapkan dananya, karena pada saat itu Anda sudah tidak mempunyai banyak waktu untuk mempersiapkan diri. Berikut beberapa kiat yang dapat Anda terapkan:

HITUNG JUMLAH YANG DIPERLUKAN

Ketahui berapa kira-kira jumlah anggaran yang dibutuhkan. Anda dapat mencari informasi mengenai biaya sekolah pada sekolah idaman. Diluar itu bedakan lagi, apakah Anda ingin menyekolahkan anak didalam atau diluar negeri. Perhitungannya akan berbeda lagi karena menyekolahkan anak diluar berarti harus memperhitungkan pula biaya akomodasi, konsumsi, transportasi, dan kebutuhan hidup lainnya.  Selanjutnya, perkirakanlah berapa banyak kenaikan rata-rata biaya tersebut setiap tahunnya.

ATUR ANGGARAN UNTUK SETIAP ANAK

Jadi Anda memiliki beberapa anak, maka pisahkanlah dana pendidikan untuk masing-masing. Untuk mempersiapkan dana tersebut, Anda dapat mengikuti asuransi pendidikan yang akan membantu memproteksi biaya pendidikan anak bila terjadi risiko kematian orang tua atau ketidakmampuan orang tua dalam mencari nafkah akibat cacat atau sakit.

REALISTIS

Rancang anggaran pendidikan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Jangan sampai anggaran pendidikan yang terlalu besar mengganggu anggaran Anda untuk kebutuhan primer lain yang juga penting

TENTUKAN SKALA PRIORITAS

Bila Anda merasa mulai kesulitan untuk mengatur dana pendidikan anak karena kebutuhan pengeluaran yang amat tinggi, maka mulailah menyusun daftar skala prioritas.  Pelajari anggaran apa yang dapat Anda kurangi untuk dialokasikan pada dana pendidikan. Contoh pos yang dapat dikurangi misalnya dana rekreasi dan hiburan di mana Anda dapat mengurangi makan-makan di restoran atau berbelanja di mal.

BANDINGKAN PENAWARAN ASURANSI

Mintalah ilustrasi asuransi pendidikan kepada agen dari beberapa perusahaan asuransi. Jelaskan besar manfaat dan kualitas pendidikan yang Anda inginkan untuk anak Anda agar agen tersebut dapat memberikan ilustrasi yang tepat. Dari ilustrasi tersebut Anda dapat mengetahui berapa premi yang harus dibayar, berbagai kelebihan dan kekurangan dari tiap perusahaan. Setelah itu, Anda dapat membandingkan dan menentukan mana yang terbaik.

Sumber: dari berbagai sumber

Submit a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.